Sukses

Cari Surat Keterangan Sehat, Pencari Kerja Asal Trenggalek Justru Masuk Karantina

Seorang pencari kerja asal Trenggalek Jatim melakukan uj seka secara sukarela dan mandiri di sebuah rumah sakit swasta di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya Seorang pencari kerja asal Trenggalek Jatim melakukan uj seka secara sukarela dan mandiri di sebuah rumah sakit swasta di Surabaya. Hasilnya, ia terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Laki-laki berusia 54 tahun itu diberi label pasien ke-15. Warga Desa Petung, Kecamatan Dongko, itu melakukan uji seka karena mendapat panggilan kerja di sebuah pertambangan di luar Jawa.

“Dia dirujuk untuk menjalani karantina di shelter asrama BKD Trenggalek setelah hasil swab-nya keluar dengan konfirmasi positif Corona Covid-19,” ujar Murti Rukiyandari, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Trenggalek, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (14/6/2020).

Ia menduga penularan dari pasien ini berasal dari tiga klaster yang sudah teridentifikasi melalui kasus-kasus di Trenggalek, yakni kluster Pasar Dongko, klaster Ramadan, dan klaster Surabaya. Oleh karena itu, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat yang merasa pernah berkontak erat dengan pasien ke-15 ini untuk menghubungi petugas sehingga memudahkan pemerintah untuk melacak klaster ini.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Trenggalek, ditemukan 24 orang kontak erat dengan pasien, Mereka sudah menjalani tes cepat dengan hasil non reaktif. Orang dalam pemantauan (ODP) pasien-ke-15 ini terdiri dari keluarga, saudara, tetangga yg semuanya dari Desa Petung dan Cakul, Kecamatan Dongko dan seorang sales dari Tulungagung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.