Sukses

Lampu Hijau dari Gubernur Khofifah untuk Peneliti Unair Surabaya

Liputan6.com, Surabaya Gubernur Khofifah mengapresiasi tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang telah menemukan obat dan diindikasikan bisa membantu penyembuhan pasien Corona Covid-19. Ia merasa senang dengan kejadian ini dan selalu mendukung tim peneliti Unair yang tengah berkolaborasi dengan Gugus Tugas Covid Indonesia dan Badan Intelejen Negara (BIN).

Berdasarkan keterangan dari Rektor Unair Surabaya, Moh Nasih, terdapat lima kombinasi obat yang dinyatakan berhasil melalui penelitian. Kombinasi obat yang pertama yaitu Lopinavir, ritonavir dan azitromisin. Kombinasi kedua Lopinavir, ritonavir dan doksisiklin. Ketiga Lopinavir, ritonavir dan klaritromisin. Keempat Hidroksiklorokuin dan azitromisin serta kelima Hidroksiklorokuin dan doksisiklin.

"Intinya, Pemprov Jatim akan mendukung Unair untuk mengembangkan penelitian obat-obat temuannya. Karena ini merupakah salah satu upaya untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Jatim bahkan di Indonesia," ujar Gubernur Khofifah, Minggu (14/6/2020). 

Gubernur Khofifah akan memberikan kesempatan bagi tim peneliti agar obat-obat tersebut nantinya bisa diteliti dan dikembangkan di Rumah Sakit Pemprov supaya bisa dilakukan uji klinis lebih lanjut.

"Lewat penelitian ini, kami berharap akan bisa meningkatkan rasio angka kesembuhan serta dalam waktu yang sama bisa menurunkan angka kematian akibat Covid-19 di Jatim," ucap Gubernur Khofifah.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: