Sukses

Unesa Bikin Robot KECE, Bisa Antar Alat Medis hingga Sterilkan Ruangan

Robot KECE Unesa memiliki fungsi sebagai robot pengantar makanan, robot pengantar alat medis, penyeteril ruangan dan drone penyemprot disinfektan.

Liputan6.com, Surabaya - Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menciptakan robot Kece yang diklaim cocok digunakan selama new normal COVID-19. 

"Tiga robot ini merupakan hasil karya anak bangsa serta kolaborasi antara dosen, mahasiswa dan alumni dari Fakultas Teknik. Tentunya terobosan teknologi ini akan sangat berguna untuk menangani permasalahan COVID-19,”ujar Rektor Unesa, Nurhasan, Rabu (17/6/2020). 

Robot KECE Unesa memiliki fungsi sebagai robot pengantar makanan, robot pengantar alat medis, penyeteril ruangan dan drone penyemprot disinfektan. 

Nurhasan mengatakan, jika terobosan baru di bidang teknologi ini juga akan diserahkan kepada pemerintah provinsi, dalam hal ini gubernur Jawa Timur, agar robot bisa dirasakan langsung manfaatnya untuk masyarakat. 

"Mudah-mudahan upaya FT untuk membantu pemerintah dalam menangani COVID-19 bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya. 

Dekan Fakultas Teknik Unesa, Maspiyah menambahkan, jika saat pandemi COVID-19 ini Robot KECE akan menjaga rasa aman untuk tenaga medis. 

Lantaran robot yang berfungsi sebagai pengantar makanan dan alat medis ini dinilai ampuh untuk mencegah penyebaran COVID-19. Karena dengan robot itu, para petugas medis tidak perlu untuk melakukan kontak langsung dengan pasien.  

"Selain untuk pengantar obat dan makanan, robot ini juga berfungsi untuk sterilisasi ruangan. Jadi kalau ruangan tersebut habis dipakai oleh pasien dan lain-lain maka robot ini akan berfungsi untuk mensterilisasi dari virus dan bakteri. Jadi robot ini selain untuk melayani pasien juga memperhatikan tenaga medis,” kata Maspiyah.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Obat hingga Sterilkan Ruangan

Robot Kece dengan dua fungsi yakni membawa obat dan menyeterilkan ruangan ini, menurut maspiyah merupakan temuan yang terbaru.

Jika sebelumnya muncul robot yang bisa membawa obat sendiri, dan robot yang menyerilkan ruangan sendiri, maka robot Kece Unesa bisa melakukan kedua hal tersebut. 

Selain itu, Agung Prijo Budijono yang merupakan pembina dari team pembuat robot Kece ini menyampaikan, jika robot ciptaan timnya tersebut juga dilengkapi dengan komunikasi berbasis video yang tentu akan menunjang kinerja tenaga medis dari jarak jauh.

"Jadi robot ini juga bisa digunakan untuk komunikasi dengan pasien. Sehingga dari jauh dokter juga bisa menanyakan kondisi pasien, dan pasien bisa merespons langsung pertanyaan dari dokter," ujar dia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.