Sukses

Spesifikasi Kapal Angkatan Laut Rajegwesi, Armada Baru untuk Lanal Banyuwangi

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi Jatim mendapatkan armada baru sebagai pendukung keamanan teritorial laut

Liputan6.com, Surabaya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi Jatim mendapatkan armada baru sebagai pendukung keamanan teritorial laut. Armada itu berupa Kapal Angkatan Laut (KAL) Rajegwesi yang mampu melaju hingga kecepatan 28 knot dan dilengkapi persenjataan.

Rajegwesi diambil dari nama salah satu pantai yang ada di pesisir selatan kawasan Banyuwangi, dan merupakan salah satu lokasi kekuatan pertahanan laut tentara Jepang yang diambil dari bahasa Jawa.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono dan juga Kapolresta Kombes Pol  Arman Asmara Syarifuddin beserta Komandan Kodim 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto hadir dalam prosesi penyambutan.

“Sebagai institusi yang bertugas dalam pertahanan negara, TNI Angkatan Laut memerlukan alat utama sistem senjata atau alutsista yang mumpuni untuk menegakkan kedaulatan dan hukum di laut,” ujar Joko Setiyono, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (18/6/2020).

KAL Rajegwesi memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal Angkatan Laut Rajegwesi memiliki kecepatan maksimal 28 knot, kecepatan jelajah 18 knot dan memiliki persenjataan senapan mesin berat dengan kaliber 20 mm dan 12,7 mm.

Menurut Joko, dengan spesfikasi tersebut, kapal ini akan mampu mendukung tugas AL, terutama bila ada kejadian penting yang membutuhkan penanganan cepat. Armada ini secara resmi per hari ini dapat digunakan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas turut bangga dengan hadirnya KAL Rajegwesi yang menjadi armada baru di Lanal Banyuwangi. Ia berharap armada baru ini akan menambah kekuatan dan kesiapan Lanal dalam mengantisipasi kemanan di perairan laut Banyuwangi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.