Sukses

VIDEO: KECE, Robot Buatan UNESA Surabaya Siap Bantu Layani Pasien COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - KECE, Kreatif Energik Cantik dan Elegan, itulah nama robot yang membantu tenaga medis merawat pasien COVID-19. Robot generasi pertama yang dioperasikan menggunakan remote control ini dapat berfungsi mengantarkan makanan dan obat-obatan untuk pasien COVID-19. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 20 Juni 2020.

Kemudian robot ini juga memiliki layar monitor sebagai alat komunikasi antar pasien dan tenaga medis. Selain itu, ada robot KECE UVS yang memiliki sinar ultraviolet untuk melakukan sterilisasi di dalam ruangan. Kedua jenis robot ini merupakan buatan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

"Generasi pertama, kemampuannya mobilisasi kemudian ada monitor ada tv yang kita siapkan. Kemudian dia juga mampu menanggulangi virus dengan UV yang dimiliki,” papar Nur Hasan, Rektor UNESA.

Dengan ada robot KECE diharapkan dapat mengurangi interaksi langsung antara tenaga medis dengan pasien COVID-19, sehingga dapat mencegah tenaga medis terpapar virus.

”Kalau kita memaksakan tanpa adanya bantuan robot, pasti kita akan banyak menggunakan APD, sedangkan APD terbatas. Yang kedua, para medik akan berhubungan langsung dengan pasien dan itu akan berbahaya," ujar Agung Priyo Budijono, Ketua Riset Fakultas Teknik UNESA 

Kedua robot yang memiliki daya tahan baterai sekitar 2-3 jam ini akan diserahkan kepada Gugus Tugas Covid-19, agar bisa segera dimanfaatkan.