Sukses

Begini Cara Berwisata Aman dan Nyaman ke Banyuwangi di Era Normal Baru

Simulasi dan evaluasi untuk melihat langsung kesiapan destinasi wisata di Banyuwangi gencar dilakukan

Liputan6.com, Surabaya Simulasi dan evaluasi untuk melihat langsung kesiapan destinasi wisata di Banyuwangi gencar dilakukan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banyuwangi melakukan itu untuk menyambut era normal baru.

Sejumlah lokasi yang dikunjungi gugus tugas adalah destinasi Pantai Pulau Merah, Bangsring Underwater, Pantai Marina Boom, Hutan lord of the ring De Djawatan, Taman Gandrung Terakota dan Agro Wisata Tamansuruh. Verifikasi juga dilakukan di sejumlah hotel bintang tiga dan empat, hingga pusat oleh-oleh.

“Tim gabungan pemkab terus melakukan verifikasi untuk proses sertifikasi protokol kesehatan Covid-19, di sejumlah sektor pariwisata daerah, dan sertifikasi menjadi syarat bagi sektor wisata untuk bisa dibuka kembali,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (22/6/2020).

Ia menjelaskan, setelah masa simulasi, saatnya melakukan verifikasi. Bagi sektor wisata yang lolos penilaian akan mendapatkan sertifikat lolos uji protokol kesehatan Covid-19. Sementara, bagi yang belum lolos uji, maka masih diberi kesempatan untuk memperbaiki lagi.

Menurut Bupati Anas, sertifikasi ini adalah cara Banyuwangi untuk memberi jaminan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan.

“Karena kami sadar di masa pandemi ini bukan hanya pelayanan yang menjadi penilaian, namun kesehatan dan keamanan kini menjadi yang utama,” ucapnya.

Bupati Anas pun berharap wisatawan yang datang ke Banyuwangi, bisa memilih lokasi yang telah mendapat sertifikasi dari stiker yang ditempel oleh gugus tugas. Wisatawan juga bisa mengecek langsung di aplikasi Banyuwangi Tourism terkait lokasi wisata mana saja yang sudah layak dikunjungi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.