Sukses

Perbaiki Layanan di Tengah COVID-19, BKKBN Jatim Luncurkan E-Learning

E-learning bagi PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) yang akan menjadi pusat pelatihan di Jawa Timur untuk mendukung program Bangga Kencana di masa transisi pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur meluncurkan platform dan studi e-learning untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan pengembangan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di masa transisi pandemi COVID-19.

"Hari ini (Selasa) kami menyiapkan salah satu infrastruktur yakni studi e-learning bagi PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) yang akan menjadi pusat pelatihan di Jawa Timur untuk mendukung program Bangga Kencana di masa transisi pandemi COVID-19," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso di Surabaya, Selasa, 23 Juni 2020.

Teguh mengatakan Surabaya dan Jawa Timur saat ini memasuki masa transisi dan belum sepenuhnya memasuki masa tatanan normal baru, dilansir dari Antara.

Ia khawatir pada masa transisi masyarakat euforia dan tidak mematuhi protokol kesehatan sehingga penularan COVID-19 akan semakin tinggi.

"Jangan sampai terjadi pandemi yang kedua. Masyarakat dan keluarga mematuhi protokol kesehatan. Kalau tidak, ya roda perekonomian tidak akan jalan. Untuk mendukungnya, PLKB di tengah masyarakat itu menjadi kebutuhan untuk membantu edukasi secara masif," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Pelayanan Hingga Akar Rumput

Kendati demikian, Teguh mengatakan dihidupkan kembali PLKB perlu direduksi. Sebab tidak mungkin mengumpulkan secara konvensional. Maka digunakan pembelajaran jarak jauh yakni dengan studi e-learning.

"Untuk ke depan akan kami lakukan inovasi agar perwakilan BKKBN Jatim dalam meningkatkan kapasitas SDM-nya juga semakin baik. Ini merupakan terobosan dari kawan-kawan. Juga termasuk langkah percepatan reformasi BKKBN sekaligus juga meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara," kata dia.

Teguh berharap dengan diluncurkan platform dan studi e-learning akan berdampak pada pelayanan yang lebih baik sampai ke akar rumput.

"Sehingga selalu ditanya bagaimana PLKB-nya, bisa dijawab PLKB saya melakukan pelayanan bagus. Bagaimana BKKBN? Bagus. Ya kira-kira seperti itu," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.