Sukses

Kampung Tangguh Wani Surabaya Bangun Gotong Royong Warga

Warga Surabaya ini mendapatkan banyak dukungan agar dirinya segera pulih dengan seiring ada kampung tangguh wani.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo menunjukkan hasil. Hal ini salah satunya dalam bentuk gotong royong masyarakat dalam membantu warga yang terkonfirmasi Corona COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur.

Salah satunya, seperti yang dialami Mega Arista, pria berusia 31 tahun yang tinggal di Jalan Lidah Kulon, Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Ia dinyatakan konfirmasi COVID-19 pasca memeriksa swab pada 31 Mei 2020.

Pada saat itu, Mega yang tengah tinggal bersama istri dan dua anaknya mendapati kabar,ia dinyatakan positif dari pihak puskesmas. Tanpa menunggu lama, tim puskesmas turun untuk melakukan tracing atau melacak dan meminta persetujuan langsung kepada RT/RW untuk membawa Mega ke tempat isolasi.

"Pihak puskesmas cerita kalau sebenarnya RT dan RW ingin merawat saya di rumah dan menahan untuk berangkat. Tetapi saya harus berangkat demi keselamatan bersama,” kata Mega Arista saat dihubungi, Selasa, 23 Juni 2020, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Selama menjalani masa karantina, Mega mengaku mendapat banyak dukungan untuk dirinya agar segera pulih. Dukungan yang terus mengalir itu melalui berbagai cara. Mulai dari pesan di grup WhatsApp hingga telepon.

"Saya mendapat dukungan yang luar biasa. Terutama para tetangga yang aktif mensupport saya selama di karantina," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gugus Tugas Kumpulkan Bantuan

Setelah melewati masa karantina, pada 5 Juni 2020 pukul 11.00 WIB, Mega kembali pulang ke rumah. Setiba di rumah, seketika itu ia tercengang lantaran Ketua RT/RW, staf Linmas Kelurahan serta beberapa perwakilan warga menyambut kedatangannya meski dari jarak yang berjauhan.

"Jujur, saya kaget dan terharu. Semua orang tersenyum pada saya. Meskipun kami tidak berdekatan," cerita dia.

Pada saat itu, istri dan kedua anak Mega tinggal sementara ke kos-kosan milik orang tuanya. Sehingga setelah menjalani karantina di hotel, ia tinggal sendiri selama sepekan di rumah.

Selama itu pula bentuk intervensi dari tetangga terus mengalir. Mulai permakanan, vitamin, bahkan sampai dengan susu untuk anaknya juga diberikan.

"Saya rutin diberi bantuan itu. Gugus tugas mengumpulkan bantuan dari warga ternyata saya mendapatkan susu untuk anak. Alhamdulillah," terangnya.

3 dari 3 halaman

Sering Dijenguk RT/RW dan Tetangga

Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai satuan petugas (satgas) di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya ini mengungkapkan, selama seminggu tinggal sendiri di rumah, ia mengaku sering dijenguk dari luar pagar rumah oleh RT/RW dan para tetangga. Bahkan, ia juga kerap kali diingatkan untuk berolahraga setiap pagi.

"Jadi olahraga dari dalam pagar karena digembok jadi tidak bisa keluar. Tapi saya bersyukur vitamin dari puskesmas, makanan, jajan dari tetangga tidak pernah terlambat. Itu yang buat saya lekas sembuh dan negatif swabnya,” ujar dia.

Tidak hanya itu, Mega juga menceritakan, selama terpisah dengan anak dan istrinya, mereka juga di swab untuk memastikan kondisinya. Bahkan, orang tua dari Mega dan mertua yang tidak tinggal serumah tetapi pernah berinteraksi selama dua minggu terakhir pun juga ikut di tes swab.

"Mereka semua hasilnya negatif. Saya bersyukur," kata Mega.

Meski Mega tidak pernah merasakan gejala apapun atau berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG), tetapi untuk memastikan itu, ia harus menjalani pemeriksaan swab selama dua kali.

Pada Sabtu, 6 Juni 2020, ia menjalani tes swab dengan hasil negatif. Kemudian swab berikutnya pada Kamis, 11 Juni 2020 di Gelora Pancasila dengan hasil nonpositif Covid-19.

"Lalu anak istri saya kembali pulang setelah isolasi Minggu, 14 Juni 2020, dan kami berkumpul lagi di rumah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.