Sukses

7 Kuliner Daging Sapi Khas Jawa Timur, Lezat Menggugah Selera

Jawa Timur punya olahan daging sapi unik dan khas.

Liputan6.com, Jakarta Daging sapi menjadi bahan dasar berbagai kuliner lezat. Di Jawa Timur, ada sejumlah kuliner daging sapi yang khas dan unik. Kuliner daging sapi khas Jawa Timur ini diolah bersama rempah-rempah yang memberi cita rasa khas yang kuat.

Kuliner daging sapi khas Jawa Timur bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di timur Pulau Jawa ini. Sejumlah kuliner daging sapi khas Jawa Timur bahkan cukup unik dan tidak mudah ditemukan di daerah lain.

Jika Anda penikmat olahan daging sapi, kuliner daging sapi khas Jawa Timur pastinya tak boleh terlewatkan. Berikut 7 kuliner daging sapi khas Jawa Timur seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Lapis daging

Lapis daging merupakan olahan daging sapi khas Surabaya. Kuliner satu ini juga populer di daerah Jawa Timur. Sekilas lapis daging mirip dengan semur daging biasa.

Lapis daging terbuat dari daging has dalam atau daging sapi tenderloin yang dimasak bersama dengan rempah dan kecap manis. Lapis daging memiliki tekstur potongan daging berlapis-lapis dengan rasa khas rempah.

3 dari 8 halaman

Daging age

Daging age merupakan olahan daging sapi khas Jember, Jawa Timur. Daging age memiliki tampilan mirip dengan rendang. Bedanya, daging age dimasak bersama sangraian parutan kelapa yang dikenal sebagai koya.

Daging diolah bersama dengan rempah-rempah yang membuatnya kaya akan cita rasa. Daging age biasa hadir pada acara-acara tasyakuran dan pernikahan. Kuliner ini biasa disantap dengan nasi hangat, sayur, dan kering tempe.

4 dari 8 halaman

Krengsengan daging sapi

Krengsengan daging sapi merupakan masakan khas Jawa Timur yang cukup populer. Krengsengan daging sapi mirip seperti tongseng. Bedanya, krengsengan daging sapi dimasak bersama petis udang khas Jawa Timur. Krengsengan daging sapi biasanya terdiri dari daging dan iga sapi.

Krengsengan daging sapi memiliki cita rasa pedas karena tambahan cabai pada bumbunya. Daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu rempah membuat krengsengan daging sapi memiliki rasa yang khas dan nikmat.

5 dari 8 halaman

Soto Madura

Soto Madura memiliki bahan dasar daging sapi yang lezat. Soto Madura biasa disajikan bersama telur rebus, kentang goreng dan tauge. Di Madura, soto Madura memiliki beberapa variasi sesuai wilayahnya, seperti soto Sumenep, soto Pamekasan dan soto Bangkalan.

Soto Sumenep disajikan dan dimakan dengan singkong, tauge goreng, bihun, bawang daun, bawang goreng, lontong, daging sapi atau usus sapi. Yang membedakan dengan Soto Pamekasan & Soto Bangkalan adalah bumbu kacangnya yang terdiri dari kacang, petis dan pisang muda yang diulek halus.

Soto Pamekasan terdiri dari kentang rebus, perkedel kentang, tauge, daging sapi atau daging ayam, soun, lontong, dan disiram dengan kaldu bening dengan bumbu merica dan bawang putih. Sementara Soto Bangkalan memakai tauge dan soun dengan daging sapi, ayam atau jeroan.

6 dari 8 halaman

Sate Klopo

Sate klopo merupakan olahan sate khas Surabaya. Sate ini biasanya menggunakan daging sapi yang dibakar bersama parutan kelapa sangrai. Sate kemudian disajikan bersama bumbu kacang dan taburan serundeng.

Sate Klopo merupakan kuliner populer di Surabaya. Warung sate klopo yang sangat legendaris di Surabaya bisa ditemukan di Sate Klopo Ondemohen Ibu Asih, Jalan Walikota Mustajab No.36, Surabaya.

7 dari 8 halaman

Sate gebug

Sate Gebug merupakan kuliner khas Malang yang begitu legendaris. Dinamakan gebug karena sebelum ditusuk dan dibakar, daging terlebih dahulu dipukul (digebug) dengan ulegan batu agar empuk. Daging kemudian direndam dengan bumbu rempah dan dibakar di atas bara api.

Sate gebug terkenal dengan teksturnya yang sangat empuk dan rasa rempahnya yang begitu khas. Warung sate gebug yang paling terkenal berada di daerah Kayutangan, berdiri sejak 1920 silam.

8 dari 8 halaman

Rawon

Olahan daging sapi yang tak kalah terkenal di Jawa Timur adalah rawon. Kuliner ini terkenal dengan kuah hitamnya yang memiliki rasa khas. Warna hitam pada kuah rawon berasal dari campuran kluwak.

Rawon biasanya berisi potongan daging sapi yang diolah bersama kluwak dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, dan garam. Rawon biasa dilengkapi oleh telur asin, tauge pendek, dan kerupuk udang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini