VIDEO: Tindakan Kurang Terpuji 3 Nelayan terhadap Hiu Paus di Laut Jawa

VIDEO: Tindakan Kurang Terpuji 3 Nelayan terhadap Hiu Paus di Laut Jawa

Inilah video amatir yang memperlihatkan nelayan mengganggu kawanan hiu paus atau whale shark yang berenang dan muncul di tengah laut. Nelayan menabrak hiu dengan perahu, hingga tubuh hiu terluka.

Mereka juga sengaja menarik sirip hiu tanpa tujuan yang jelas. Ironisnya, usai menabrak hiu, tiga orang nelayan ini terlihat gembira. Aksi ini diduga terjadi di perairan laut Jawa di wilayah Pasuruan pekan lalu. Demikian dilansir pada Fokus, 24 Juni 2020.

Sejak viral di media sosial, pihak Polair Polres Pasuruan pun langsung bertindak. "Kami dari Satpolair Pasuruan untuk selalu berpatroli di wilayah perairan Pasuruan, yang kedua kita mengajak kepada seluruh masyarakat dan nelayan untuk tidak mendekat kepada ikan hiu tersebut," tegas AKP Poerlaksono, Kasat Polair Polres Pasuruan.

Sebelumnya puluhan hiu paus berenang secara berkelompok di perairan laut Jawa wilayah Pasuruan, Jawa Timur, sejak beberapa pekan lalu.

Mereka diperkirakan tengah bermigrasi dari perairan laut Australia menuju laut Jawa di Indonesia untuk mencari makanannya berupa plankton.

Fenomena alam ini terjadi hampir setiap tahun, terutama di musim pancaroba atau setiap awal tahun. Selain mencari plankton, kawanan hiu paus ini juga mencari lautan dengan suhu hangat, lantaran laut di asal habitatnya bersuhu dingin.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 June 2020, 07:59 WIB

Video Terkait

Spotlights