Sukses

Polres Tanjung Perak Gandeng ITS Kembangkan Aplikasi Pemantau COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama Polres Pelabuhan Tanjung Perak akan menjalin kerja sama untuk mengembangkan aplikasi dalam memantau kasus COVID-19.

Kerja sama itu setelah ada pertemuan pembahasan rencana kerja sama di ITS pada Kamis, 25 Juni 2020 yang dipimpin oleh Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Kealumnian Bambang Pramujati dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum.

Surya Sumpeno, selaku PIC dalam pertemuan ini menuturkan, ITS telah dipercaya oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk memberikan dukungan teknologi. Hal ini untuk merealisasikan profesional, modern, terpercaya (Promoter).

"Karena kita adalah institut teknologi, maka ITS menyambut dengan baik tawaran ini,” ujar dia, seperti dikutip dari laman ITS, ditulis Senin, (29/6/2020).

Melanjutkan pertemuan yang sebelumnya dilaksanakan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 5 Juni 2020, salah satu program yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat yaitu pengembangan aplikasi pemantau pergerakan pasien COVID-19. Surya menuturkan, penggunaan aplikasi ini di kampung-kampung tangguh akan memberikan manfaat besar.

Dengan ada aplikasi ini, petugas-petugas lapangan dan masyarakat yang merupakan elemen penting dalam kampung tangguh akan merespons perkembangan penyebaran COVID-19 dengan cepat dan tepat.

"Karena dengan aplikasi ini, hasil pantauan akan dapat di-update dengan cepat, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah tertentu untuk penanganannya," ujar Dosen Teknik Elektro ITS ini.

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 Diharapkan Dapat Ditangani Lebih Cepat dan Tepat

Sementara itu, AKBP Ganis Setyaningrum menuturkan, pihaknya sangat mendukung kerja sama antara ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Selain untuk kelembagaan, kerja sama ini juga berfungsi sebagai saran untuk penguatan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam bidang teknologi informasi," ujar dia.

Bambang Pramujati mengatakan, sebelumnya ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah bekerja sama untuk mengembangkan pemanfaatan command center yang dilengkapi dengan CCTV.

"Karena ini sesuai dengan motto Promoter mereka, dan juga Tanjung Perak merupakan tempat yang sangat vital karena merupakan tempat masuknya barang dan personel,” ungkapnya.

Dosen Teknik Mesin ITS ini juga mengungkapkan pentingnya kerja sama yang dilakukan oleh ITS dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak ini. Ia mendukung upaya pihak polres untuk menjadi lebih terpercaya, profesional, dan modern.

"Kita (ITS, red) akan selalu terbuka untuk pengabdian masyarakat dan bersama-sama mencari solusi untuk masalah nyata di masyarakat. Dengan demikian, keberadaan ITS dapat dirasakan oleh masyarakat luas," ujar dia.

Bambang mengharapkan, ada kerja sama ini kasus Covid-19 dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat. Ia juga menyampaikan, dengan kerja sama  dapat memanfaatkan teknologi digital demi berjalannya program-program di kampung tangguh.

"Sehingga dengan kerja sama ini saya harap kita bisa menghijaukan kembali area-area di Surabaya yang masih termasuk ke dalam zona merah dan hitam," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini