Sukses

VIDEO: Jokowi Sebut Banyuwangi Siap Menuju Tatanan Normal Baru

Liputan6.com, Jakarta - Dari Surabaya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja ke Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Setibanya di Kota Gandrung, Orang Nomor Satu di Republik Indonesia ini meninjau pasar pelayanan publik Rogojampi untuk melihat bagaimana pelayanan publik yang terintegrasi dengan pasar tradisional tersebut.

Di sini, warga bisa mengurus dokumen kependudukan, izin usaha hingga izin praktik usaha kesehatan. Selanjutnya, Jokowi mengunjungi kawasan wisata yang ada di Vila Solong, di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro untuk meninjau kesiapan sektor pariwisata Banyuwangi dalam menyongsong era normal baru. Demikian diberitakan pada Liputan6, 26 Juni 2020.

"Saya melihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah yang saya lihat paling siap menuju ke sebuah pra kondisi menuju ke sebuah norma baru, dan peran Pemerintah Daerah, peran masyarakat saya lihat di sini partisipasinya sangat bagus sekali," ungkap Joko Widodo, Presiden RI.

Di vila dengan rumah-rumah berkhas Suku Osing berlatar belakang Selat Bali ini, Jokowi menyaksikan aksi tari gandrung dengan konsep tatanan baru. Hingga kesenian gedogan yang semua pemainnya tetap menggunakan masker. Banyuwangi dinilai sudah siap menyongsong era normal baru.

Jokowi mengimbau kepala daerah lain mencontoh apa yang dilakukan Banyuwangi, dalam menyiapkan era normal baru. Selain melibatkan investor, masyarakat juga diajak berpartisipasi.