VIDEO: RSI Surabaya Minta Maaf Terkait Jenazah yang Tertukar

VIDEO: RSI Surabaya Minta Maaf Terkait Jenazah yang Tertukar

Inilah rekaman video saat petugas berpakaian APD lengkap membawa jenazah pasien COVID-19 untuk dimakamkan di komplek pemakaman Kelurahan Pagesangan, Surabaya, Jawa Timur.

Namun, usai menurunkan peti jenazah, petugas tiba-tiba membawa kembali peti jenazah ke dalam mobil ambulans dan pergi.

Usut punya usut, ternyata jenazah yang hendak dimakamkan tertukar dengan jenazah orang lain. Seharusnya jenazah yang hendak dimakamkan adalah jenazah laki-laki bernama Syamsul. Namun faktanya, jenazah yang dibawa adalah jenazah perempuan yang bernama Novayanti.

Keluarga korban sempat emosi, ketika mengetahui kejadian ini. Prosesi pemakaman menjadi tertunda sambil menunggu petugas mengantarkan jenazah yang benar. Pihak Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya, mengakui bahwa pihaknya teledor dan kurang teliti terkait insiden ini.

"Sesuai dengan SOP harusnya memang semua pasien yang meninggal itu di peti matinya harus ada identitas pasien, nama, tanggal lahir," kata Samsul Arifin, Direktur RS Islam A. Yani Surabaya.

Selain telah meminta maaf kepada pihak keluarga, pihak rumah sakit juga telah melakukan evaluasi kinerja karyawan mereka, terutama bagian pemulasaraan jenazah, agar tidak terjadi lagi peristiwa tersebut. Demikian diberitakan pada Liputan6, 26 Juni 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 July 2020, 08:16 WIB

Video Terkait

Spotlights