Sukses

Seorang Perempuan Asal Tuban Melahirkan di Bus Ketika Perjalanan Menuju Surabaya

Ibu hamil tersebut bersama anak pertamanya hendak pergi ke Surabaya naik bus jurusan Bojonegoro - Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Seorang wanita bernama Siti Wijayanti (28) warga asal Desa/Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, melahirkan di dalam bus saat perjalanan menuju Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 30 Juni 2020.

Dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan informasi itu. "Iya betul," tuturnya, Rabu (1/7/2020).

Trunoyudo menuturkan, berdasarkan laporan dari Polsek Baureno, ibu tersebut bersama anak pertamanya hendak pergi ke Surabaya naik bus jurusan Bojonegoro-Surabaya.

"Namun pada saat sampai di daerah Babat Lamongan, yang bersangkutan merasa perutnya sakit," kata Trunoyudo.

Selanjutnya yang bersangkutan turun dan hendak kembali ke Singgahan atau kembali pulang ke rumahnya.

"Sesampainya di pertigaan SMP Baureno, yang bersangkutan melahirkan dan kemudian dilakukan pertolongan medis oleh Puskesmas Baureno," ucap Trunoyudo.

"Alhamdulillah, mereka dalam keadaan selamat, baik ibu maupun bayinya. Bayinya perempuan," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Bantu Ibu Melahirkan di Bojonegoro

Sebelumnya, Kapolsek Ngluyu Nganjuk, Iptu Roni Andrias Suharto bersama dua anggotanya Aipda Subiyantoro dan Aipda Lilik Purwono serta tenaga medis Puskesmas Ngluyu Andre menandu seorang wanita yang sedang melahirkan, Siti Nur Halimah (29) warga Dusun Sekidang Desa Soko Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 

"Iya benar, kejadiannya Sabtu 8 Februari kemarin, sekitar pukul sembilan pagi," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Minggu, 9 Februari 2020.

Truno menceritakan, Kapolsek Ngluyu bersama anggota mendapat informasi dari petugas medis puskesmas Ngluyu bahwa ada seorang ibu yang melahirkan dan mengalami pendarahan yang berada di Dusun Sekidang Desa Soko Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro sekitar pukul 08.30 WIB. 

"Lokasi rumah korban letaknya lebih dekat dengan Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk yang berjarak 8 Km dari Puskesmas Ngluyu," ujar dia. 

Selanjutnya, personel Polsek Ngluyu dengan mengendarai Mobil 082 bersama dengan petugas Puskesmas Ngluyu tiba di Dusun Sekidang Desa Soko Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro, sekitar Pukul 09.30 WIB. 

"Tempat kejadian perkara hanya jalan setapak dan sangat sulit bagi kendaraan untuk lewat saat musim penghujan seperti saat ini," ucap Truno. 

Kemudian pasien dibawa dengan ditandu dan diangkut dengan mobil 082 Polsek Ngluyu untuk dibawa ke Puskesmas Ngluyu untuk mendapatkan pertolongan. 

"Sekitar pukul setengah sebelas pagi, pasien tiba di Puskesmas Ngluyu dan langsung disambut dengan bantuan medis Puskesmas Ngluyu," ujar Truno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.