Sukses

Mengenal Brownies Njibrat, Kuliner Baru dari Kediri

Jika dahulu kue ini terkenal dengan warna cokelat, karena bahan dasarnya dari cokelat sehingga legit dan manis, kini brownies sudah beragam rasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Menu cemilan brownies banyak disukai berbagai kalangan. Roti dengan tekstur manis cokelat dan lembut selalu menjadi primadona bagi penggemar jajanan.

Brownies kerap dijadikan camilan di kala santai saat akhir pekan, bahkan tak jarang pula dijadikan sebagai hadiah atau oleh-oleh untuk orang yang spesial.

Jika dahulu kue ini terkenal dengan warna cokelat, karena bahan dasarnya dari cokelat sehingga legit dan manis, kini brownies sudah beragam rasanya. Bahkan, topping juga berbagai macam, ada yang keju, cokelat, dan beragam rasa lainnya.

Di Kediri, kue brownies juga menjadi salah satu produk yang cukup digemari. Banyak pembuat kue laris manis jualan brownies ini, salah satunya brownies "njibrat", dilansir dari Antara.

Adalah Agung, yang merintis usaha brownies "njibrat" ini pada awal Februari 2020. Ia pun melakukan berbagai macam riset dan mencicipi kue brownies yang dijual dari berbagai produsen. Hingga akhirnya ia berhasil menemukan resep yang pas di lidahnya. Ia pun membuat brownies lain daripada yang lain, yang kemudian diberi nama brownies "njibrat".

Brownies "njibrat" ini, kata Agung, dibakar menggunakan arang dan ada lelehan cokelat di dalamnya. Cokelatnya diambilkan cokelat premium dari Belanda. Pembakaran pun menggunakan arang sehingga memberikan aroma khas pada kue ini, jadinya lebih lezat.

Nama "njibrat" diambil dari bahasa Jawa yang artinya kemana-mana. Ia pun berharap usahanya ini terus berkembang.

"Harapan kami brownies, 'njibrat' juga bisa punya cabang dimana-mana, dipertegas dengan sensasi dari brownies 'njibrat', cokelat yang 'njibrat' di dalamnya," kata Agung di Kediri, Rabu, 1 Juli 2020.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Omzet Rp 4,5 Juta Per Hari

Agung menyebut usahanya kini berkembang pesat. Dalam sehari, omzetnya bisa mencapai Rp 4.500.000. Kapasitas produksinya 500 brownies per hari dengan harga jual Rp 9.000 per brownies.

Agung menilai harga kue yang dijualnya juga tidak terlalu mahal. Hal ini sesuai dengan motto usahanya, "Jajanan Sultan Harga Recehan'. Bahkan, Usaha ini pernah dianugerahi Champions UMKM ShopFest'19 dan KK Awards'19.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, Agung mengaku omzet jualannya juga turun hingga 60 persen, namun usahanya tetap jalan. Jualannya kini lebih mengandalkan pesanan daring.

"Saat pandemi lumayan terganggu. Omzet turun hingga 60 persen, tetapi alhamdulillah masih bisa produksi," kata Agung.

Kini kapasitas produksi brownies jualannya tinggal 200 hari. Hal ini juga berdampak pada pengurangan karyawan dari semula 12 orang, kini tinggal empat orang.

Kendati omzet turun, ia juga optimistis bisnisnya akan segera pulih. Ia juga yakini, UMKM lainnya juga akan membaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.