Sukses

VIDEO: SPERO, Robot Buatan UK Petra Surabaya Layani Pasien COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Dengan dikendalikan dari jarak jauh, SPERO atau Support for Pandemic and Epidemic Robot bisa melayani pasien COVID-19.

SPERO bisa digunakan para tenaga medis untuk mengantarkan makanan atau obat-obatan yang dibutuhkan, tanpa berinteraksi langsung dengan sang pasien. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 30 Juni 2020.

Berbeda dengan robot pendahulunya, SPERO dilengkapi dengan delapan sensor di bagian roda. Selain untuk menghindari terjadinya tabrakan saat berjalan, robot juga dilengkapi sensor yang berfungsi untuk mengetahui jika ada benda asing ada di nampan.

Diharapkan, robot ini dapat meringankan kinerja tim medis, tanpa terpapar COVID-19, karena mengurangi interaksi langsung dengan pasien. Robot buatan Universitas Kristen Petra ini, telah diserahkan ke Rumah Sakit Royal, Surabaya.

"Indikator lampu dibelakang raknya, jadi ini bisa digunakan spesifik untuk pasien tertentu atau untuk kode-kode tertentu, supaya mereka tidak tertukar obatnya," tutur Indar Sugiarto, Ketua Tim SPERO.

SPERO merupakan robot generasi pertama ciptaan tim UK Petra. Rencananya akan diciptakan SPERO berikutnya yang diberi fitur lebih lengkap dan canggih yang bisa mempermudah tenaga medis dalam memberikan pelayanan bagi pasien COVID-19.