Sukses

VIDEO : Ambulans Angkut Kambing, Pemkab Lumajang Periksa Kepala Desa Sukorejo

Liputan6.com, Jakarta - Warga yang mengetahui dipakainya ambulans untuk mengangkut dua ekor kambing langsung mengabadikan lewat kamera handphone mereka.

Dalam waktu singkat penyalahgunaan ambulans dari Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Lumajang ini viral di media sosial. Atas peristiwa ini, Inspektorat Pemerintah Kabupaten Lumajang bertindak cepat.

Kepala Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Lumajang, Sismi Wahidah diperiksa intensif di Ruang Penyidikan Inspektorat serta sopir ambulans berinisial AF pada Senin pagi. Keduanya diklarifikasi tentang penggunaan ambulans desa yang disalahgunakan untuk mengangkut dua ekor kambing dari pasar hewan. Berikut seperti diberitakan pada program Fokus, 30 Juni 2020.

"Pada hari ini, mulai kemarin, ambulans ini kita tarik ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan terkait ambulans, sarana prasarana terkait nanti ada pelanggaran-pelanggaran mungkin teman-teman Inspektorat yang akan melakukan pemeriksaan," ujar dr Bayu Wibowo, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lumajang.

Berbagai reaksi disampaikan termasuk oleh sejumlah pimpinan kepala daerah di Lumajang atas viral video ambulans angkut kambing. Lantaran, pemberian satu ambulans di tiap desa harusnya dioptimalkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat bukan untuk sebaliknya.