Sukses

VIDEO: Detik-Detik Tenaga Medis Puskesmas Baureno Bantu Ibu Melahirkan di Bus

Liputan6.com, Jakarta - Video amatir yang direkam warga menunjukkan detik-detik saat seorang tenaga medis Puskesmas menggendong sesosok bayi mungil yang baru saja dilahirkan, keluar dari bus PO Bintang Mas untuk diberi pertolongan pertama di Puskesmas Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Demikian seperti dilansir pada Liputan6, 1 Juli 2020

Peristiwa itu terjadi Selasa sekitar pukul 09.00 pagi. Penumpang bus, Siti Wijayanti berusia 28 tahun, warga Dusun Demakan, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban bermaksud mengantarkan adiknya ke Surabaya, Jawa Timur. Namun, di tengah perjalanan, perutnya sakit. Dia pun berganti bus untuk kembali ke rumah.

"Sebetulnya kita hanya membantu menolong setelah dia melahirkan, bis itu langsung berhenti di depan Puskesmas, kebetulan tim kami dari Puskesmas Baureno langsung naik ke bis, langsung tali pusar dipotong, setelah itu, bayi kita larikan dulu, kita selamatkan dulu, setelahnya ibunya kita bawa ke Puskesmas, ibu sama bayinya selamat, sehat," tutur Eni Suryana, Kepala Puskesmas Baureno.

Ibu dengan bayi perempuannya dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 50 centimeter, kemudian dirawat di Puskesmas Baureno untuk pemulihan.