Sukses

Cegah COVID-19, Khofifah Ingatkan Lansia Jangan Sering Keluar Rumah

Berdasarkan catatan Pemprov Jatim, bagi para pasien terkonfirmasi positif corona atau COVID-19 yang memiliki penyakit bawaan risikonya berakibat pada kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan kepada para lanjut usia (lansia) agar tidak sering-sering keluar rumah. Hal ini lantaran lansia rentan terpapar virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19.

"Para lansia harus dilindungi dan saran saya ke keluarga, khususnya di Jatim, agar yang berusia lanjut tidak sering keluar rumah, kecuali sangat terpaksa," ujar Khofifah di sela acara penyerahan bantuan sembako bagi lanjut usia dalam rangka penanganan dampak COVID-19 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, dikutip dari Antara, ditulis Kamis (2/7/2020).

Khofifah menuturkan, terutama bagi para lansia yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan harus selalu mengikuti protokol kesehatan secara disiplin agar tidak tertular COVID-19.

Berdasarkan catatan Pemprov Jatim, bagi para pasien terkonfirmasi positif corona atau COVID-19 yang memiliki penyakit bawaan risikonya berakibat pada kematian.

"Yang paling tinggi diabetes, kemudian hipertensi, lalu jantung, asma, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, mari saling jaga dan saling melindungi," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyerahan Bantuan

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Khofifah menyerahkan sembako dan bantuan secara simbolis kepada sejumlah lansia yang berada di bawah naungan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) di Jatim.

Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi menyampaikan total sebanyak 2.000 paket sembako merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI.

"Semoga bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban hidup para lanjut usia di saat wabah pandemi sekarang ini," kata dia.

Di sisi lain, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim mencatat tambahan kasus terkonfirmasi positif per Rabu, 1 Juli 2020 pukul 17.00 WIB yakni 316 orang sehingga secara keseluruhan mencapai 12.245 orang. Sedangkan, kasus pasien dinyatakan sembuh di Jatim bertambah 192 orang atau totalnya 4.391 orang (35,86 persen) diperbolehkan pulang setelah terkonversi negatif COVID-19.

Lalu, kasus meninggal dunia di Jatim tambahannya 22 orang atau secara keseluruhan mencapai 950 orang (7,76 persen).

Catatan berikutnya, kasus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim sebanyak 10.836 orang, kasus orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 29.757 orang dan kasus orang tanpa gejala (OTG) mencapai 164.314 orang.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.