Sukses

SPAM Umbulan Segera Rampung, Kapasitas Air 5 Wilayah di Jatim Ini Bakal Meningkat

Kementerian PUPR mengharapkan SPAM Umbulan dapat segera direalisasikan untuk mewujudkan tarif air yang terjangkau bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jawa Timur sudah mencapai 98,22 persen. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengharapkan SPAM Umbulan dapat segera direalisasikan untuk mewujudkan tarif air yang terjangkau bagi masyarakat.

"Kementerian PUPR memberikan dukungan agar SPAM Umbulan bisa direalisasikan agar tarif air nantinya terjangkau bagi masyarakat," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

Basuki menuturkan, dukungan yang diberikan yakni pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso dengan kapasitas 300 liter per detik, penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui.

Penempatan pipa dilakukan pada ruas jalan tol Pasuruan-Gempol, Gempol-Pandaan, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto dan Surabaya-Gresik, Jawa Timur.

Jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Jawa Timur tengah diselesaikan melalui pembangunan SPAM Umbulan untuk menambah pasokan air bersih perpipaan pada lima kota/kabupaten yakni di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

Saat ini, tercatat perkembangan pembangunannya sudah sebesar 98,22 persen. Sesuai dengan amanat Perpres 3 tahun 2016, SPAM Umbulan dengan rencana kapasitas sebesar 4.000 liter per detik yang dapat melayani 310 ribu sambungan rumah (SR) atau 1,3 juta orang, merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT. Meta Adhya Tirta Umbulan selaku pemenang lelang.

Investasi sebesar Rp 2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan/ Viability Gap Fund (VGF) dari Pemerintah sebesar Rp 818 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berasal dari Mata Air Umbulan

Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir offtake.

Pembangunan off take SPAM Umbulan sendiri dibagi menjadi tiga paket pekerjaan yakni offtake Kabupaten Pasuruan & Kota Pasuruan sebanyak lima titik di Winongan, Pohjentrek, Pleret, Bangil, Beji dan Gempol.

Pelayanan SPAM Umbulan diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau, berkesinambungan selama 24 jam, serta meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.