Sukses

Kereta Api Rute Jakarta-Surabaya Kembali Beroperasi di Daop 7 Madiun

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun kembali membuka rute perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan mengoperasikan lagi KA Turangga

Liputan6.com, Surabaya PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun kembali membuka rute perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan mengoperasikan lagi KA Turangga relasi Surabaya Gubeng–Bandung–Gambir PP mulai Jumat (3/7/2020). Beroperasinya KA Turangga sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api.

"Karena tingginya minat dan antusiasme masyarakat untuk bepergian dengan kereta api pada era normal baru ini, PT KAI kembali menjalankan KA Turangga," ujar Ixfan Hendriwintoko, Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

KA Turangga akan beroperasi saat akhir pekan saja, yaitu pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Biasanya pada hari-hari itu terjadi peningkatan jumlah penumpang. KAI Daop 7 Madiun telah melayani sebanyak 3.682 penumpang kereta api jarak jauh sejak 12 Juni hingga 1 Juli 2020.

Sedangkan untuk pengguna KA lokal pada periode yang sama mencapai 18.421 orang. Penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh tetap diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 yang masih berlaku pada saat boarding sesuai SE Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.

KAI Daop 7 Madiun juga suda menolak 579 penumpang karena tidak memenuhi persyaratan. Secara umum, KAI mengharuskan seluruh penumpang kereta api dalam kondisi sehat, yakni memiliki suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat Celsius serta memakai pakaian lengan panjang, atau jaket saat berada di area stasiun dan di dalam kereta api.

Selain itu setiap individu yang melaksanakan perjalanan tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, sering mencuci tangan, dan wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) khusus calon penumpang yang ke Jakarta.

Dengan beroperasinya KA Turangga, otomatis jumlah perjalanan KA juga bertambah. Sebelumnya, Daop 7 Madiun telah melayani sejumlah KA jarak jauh, yakni KA Kahuripan, Sri Tanjung, dan Ranggajati.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.