Sukses

6 Lokasi Pelaksanaan UTBK Unair Surabaya dengan Protokol Kesehatan Ketat

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyediakan enam lokasi untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 yang digelar mulai 5 Juli mendatang.

Liputan6.com, Surabaya- Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyediakan enam lokasi untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 yang digelar mulai 5 Juli mendatang. Enam lokasi UTBK yakni Unair kampus A, B dan C serta tiga lokasi di kampus mitra yakni Untag Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Stiesia.

“Keenam lokasi tersebut dipastikan sudah mematuhi protokol kesehatan," ujar Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Suko Widodo di Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

Ia mencontohkan pelaksanaan protokol kesehatan di kampus C Unair adalah para peserta akan masuk secara terpusat untuk memudahkan pengawasan yaitu di gerbang masuk dekat gedung Airlangga Convention Center (ACC). Mereka juga akan mengikuti pengecekan suhu badan.

Jika di atas ambang batas, maka peserta akan dipulangkan. Tidak hanya itu, peserta boleh diantar hingga drop zone di lokasi yang sudah ditentukan.

Turun dari kendaraan, peserta diwajibkan mencuci tangan terlebih dulu. Setelah itu, jika lokasinya di kampus C, maka lokasi berada di Fakultas Farmasi lantai enam. 

"Untuk menuju ke lantai enam ada tiga lift yang tersedia dan masing-masing lift hanya boleh berisi empat orang. Jika ada antrean maka sudah diatur panitia sehingga antrean bisa berjarak," ucapnya.

Di lantai enam akan ada ruang transit sebelum memasuki ruangan ujian. Kursi di ruang transit juga sudah diatur sedemikian rupa. Komputer yang digunakan di ruang ujian hanya 80 dari 126 unit.

Peserta juga diwajibkan pakai masker dan sarung tangan kesehatan saat memulai ujian. Setelah ujian, sarung tangan harus langsung dibuang di tempat sampah yang sudah siapkan.

Sebelum dan sesudah pelaksanaan tes, ruangan disemprot disinfektan. Dalam satu hari pelaksanaan UTBK di Unair terdapat dua gelombang tes, yakni pagi dan sore. Masing-masing gelombang ada sebanyak 1.175 peserta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.