Sukses

Layanan Tes Cepat Gratis untuk Santri Ponpes Sidoarjo

Liputan6.com, Surabaya- Pemkab Sidoarjo memberikan pelayanan kepada pondok pesantren (ponpes) untuk mencegah penyebaran Corona Covid-19. Salah satunya, fasilitas tes cepat gratis kepada para santri pondok pesantren.

“Pengasuh ponpes maupun lembaga lain dapat mengajukan permintaan tes cepat kepada Dinas Kesehatan Sidoarjo,” ujar Wakil Bupati Sidorajo, Nur Ahmad Syaifuddin, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

Ia telah memerintahkan kepada kepala Dinas Kesehatan untuk menyediakan tes cepat yang cukup bagi santri-santri di pondok pesantren. Harapannya, para santri tidak terkendala permintaan tes cepat untuk dapat mondok kembali. Sementara, bagi santri yang akan kembali ke pondok pesantren di luar Sidoarjo dapat membawa hasil tes cepat yang menjadi syarat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf Satriawarman berharap, anak-anak tidak panik bila hasil tes cepat menunjukkan reaktif. Sebab, tes cepat untuk mengetahui antigen antibodi pada tubuh seseorang. Ia mengungkapkan, hasil reaktif pada tes cepat bukan berarti orang tersebut positif Covid-19 karena untuk mengetahui status Covid-19 perlu pemeriksaan lanjutan, yakni uji seka. Seseorang yang reaktif tidak perlu langsung tes cepat karena dapat menunggu sepekan atau 10 hari untuk uji seka.

Terdapat 160 orang santri yang berasal dari Kabupaten Sidoarjo yang akan mengikuti  tes cepat Covid-19 sebelum kembali ke lingkungan pondok pesantren masing-masing pada bulan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: