Sukses

Sekdaprov Jatim: Semua Daerah Harus Bersama Bekerja Tangani COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono menegaskan, harus memiliki perasaan sama untuk menangani COVID-19.

Ia mengingatkan pesan Presiden Jokowi yang disampaikan saat kunjungan ke Jawa Timur pada Kamis, 25 Juni 2020 semua harus memiliki perasaan sama dalam menangani COVID-19.

"Jadi perlu adanya keterbukaan seperti yang disampaikan bapak Presiden bahwa kita harus memiliki perasaan sama," tutur dia, seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020).

Ia meminta, agar semua daerah harus bersama bekerja untuk menangani COVID-19. Ia juga mengingatkan kebersamaan dan keterbukaan untuk mempercepat penanganan COVID-19.

"Jangan ada saling lempar-lemparan masalah karena semua daerah harus bersama-sama bekerja demi menanggulangi pandemi ini," kata Heru.

Mantan Bupati Tulungagung itu mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan dan membahas pesan Presiden dengan pejabat Forkopimda, khususnya terkait waktu dua pekan yang diberikan bagi Jatim untuk menurunkan angka COVID-19.

Pemprov dan jajaran Forkopimda Jatim mengadakan pertemuan dengan gugus tugas tiga wilayah di Surabaya Raya, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik di Markas Kodam V/Brawijaya Surabaya pada Kamis malam, 2 Juli 2020.

Turut hadir Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Rahman serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah selaku pimpinan rapat.

Sekdaprov Heru menyebut sekarang inilah waktu tepat untuk duduk bersama dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden angka COVID-19 di Jawa Timur harus turun.

"Kalaupun tidak turun, paling tidak akan ada langkah konkret dari hulu sampai hilir," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah mengatakan untuk mewujudkan penurunan angka penularan COVID-19 di Surabaya Raya, salah satu hal krusial yang harus dilakukan adalah menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Hal ini, kata dia, karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan ancaman nyata dari COVID-19.

"Saya sudah mendatangi beberapa rumah, ada yang dalam satu rumah tersebut terdapat lima orang, tapi maskernya hanya ada dua, jadi jika ada yang mau keluar rumah, masker tersebut dipakai bergantian. Lalu, kami bagikan lima masker," ujar dia.

Ia juga melihat saat malam hari di beberapa ruas jalan di Surabaya, banyak orang bersepeda, mulai tua, remaja, hingga anak-anak yang setelah itu berkumpul di Taman Bungkul.

"Ketika kami tanya, kenapa bersepeda ramai-ramai malam hari? Jawabannya karena bosan atau suntuk di rumah dan ingin jalan-jalan. Jika seperti ini terus, bagaimana bisa turun angka COVID-19?," ujar dia.

Di tempat sama, Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengusulkan agar dilakukan tindakan tegas kepada masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan, kemudian menerapkan jam malam di beberapa ruas jalan di wilayah Surabaya Raya.

"Kalau perlu, jam 21.00 WIB ditutup saja jalan yang menjadi tempat berkumpul masyarakat, lalu disemprot disinfektan. Kemudian, perlu adanya sanksi tegas, seperti di Banyuwangi jika ada tempat yang masih bandel, diberi kartu kuning, jika tetap nekat dikasih kartu merah atau tutup selamanya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.