Sukses

Pakai Motor Listrik, Risma Menyusuri Gang Sosialisasi Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada warga Kota Pahlawan pada Minggu pagi, (5/7/2020).

Mengendarai motor listrik gesits, Risma bersama rombongan berangkat dari Rumah Kediaman Wali Kota Surabaya Jalan Sedap Malam.

Tujuan pertama adalah daerah Gubeng Kertajaya, Dharmawangsa dan Gubeng Airlangga. Sambil menggunakan pengeras suara, Risma terus mengimbau kepada warga untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang penting. Jika memang terpaksa keluar, harus wajib memakai masker dan jangan lupa untuk mencuci tangan.

Tidak jarang Wali Kota Surabaya 2 periode ini turun dari kendaraan dan berjalan menyusuri gang kecil untuk mengimbau langsung kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tolong dipakai maskernya bapak ibu, biar tidak sakit. Selalu cuci tangan dan jaga jarak" ujar Risma sambil membagikan masker kepada warga, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id.

Wali Kota perempuan pertama Kota Surabaya ini juga menegur penjual yang tidak menggunakan masker dengan benar saat melayani pembeli.

Risma menuturkan, para penjual berisiko tertular dan menulari karena berinteraksi dengan banyak orang, jadi harus benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau Anda (penjual) sakit, maka akan berisiko menularkan kepada semua pembeli" Tegas Wali Kota Risma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Perhatian Risma kepada Warga Surabaya

Usai dari daerah Gubeng, rombongan melanjutkan perjalanan ke daerah Tambaksari yakni Pacar Keling, Jedong, Bronggalan, Gersikan, Ploso, dan Bogen.

Di wilayah tersebut, Risma juga tak henti mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya M. Fikser menyampaikan, aktivitas itu akan dilakukan terus menerus oleh Risma.

Hal ini sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang kepada warganya agar tidak ada lagi yang tertular COVID-19. "Aktivitas itu akan dilakukan terus menerus di semua kampung," kata Fikser.

 Terutama, kata Fikser, bagi wilayah kecamatan yang kasus COVID-19 masih tinggi. Oleh karena itu, Risma terjun langsung bersama jajarannya ke permukiman warga mengajak mereka agar memakai masker, jaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan.

"Makanya beliau (Wali Kota Risma) turun langsung. Bahkan, beliau menggunakan motor dan itu akan dilakukan di wilayah yang dinilai belum turun," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.