Sukses

Mahfud MD Sebut Pemerintah Serius Beri Perhatian ke Jatim soal Penanganan COVID-19

Saat kunjungan kerja ke Jawa Timur, Mahfud MD juga mengingatkan tiga hal yang menjadi pesan presiden pada masa pandemi saat ini

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengharapkan koordinasi selalu dilakukan dan saling bekerja sama dalam menangani COVID-19 di Jawa Timur.

Selain itu, ia menegaskan pemerintah pusat serius memberikan perhatian ke Jawa Timur atas kondisi penyebaran COVID-19.

"Jawa Timur pernah menjadi agenda rapat khusus dari pemerintah pusat. Ini membuktikan pemerintah serius memberikan perhatian ke Jatim," kata Mahfud MD di sela kunjungan kerjanya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu siang, (5/7/2020), seperti dikutip dari Antara.

Pemerintah, kata dia, setiap hari memperhatikan penyampaian kasus dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Akibat tingginya angka penambahan kasus COVID-19 di Jawa Timur beberapa hari terakhir, kata Mahfud, diharapkan koordinasi selalu dilakukan dan tidak pernah surut semangat untuk saling bekerja sama.

"Sinergitas tentu tak hanya ke pusat, tapi dengan daerah-daerah maupun instansi vertilkal yang berkaitan dengan tugasnya secara relevan," ucap menteri kelahiran Pulau Madura itu.

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD juga mengingatkan tiga hal yang menjadi pesan presiden pada masa pandemi saat ini, yaitu pertama soal perang terhadap COVID-19, kedua tentang masalah ekonomi yang pergerakannya tak boleh macet sehingga ada kebijakan normal baru, serta ketiga adalah bantuan sosial dalam bentuk jaring pengaman sosial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan Bantuan Obat Avigan

Sementara itu, pada kunjungan kerjanya di Surabaya, guru besar hukum tata negara Universitas Islam Indonesia bersama Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menyerahkan bantuan obat Avigan untuk penanganan pasien corona di Jawa Timur.

Bantuan obat Avigan yang diserahkan sebanyak 100.000 tablet (sebelumnya juga sudah diserahkan 29.000 tablet), kemudian 10.000 alat pelindung diri dan masker bedah berjumlah 100.000 lembar.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan kehadiran sejumlah menteri tidak hanya sekadar menyerahkan bantuan, tetapi juga sebagai bentuk dukungan serta memberikan layanan terbaik untuk penanganan corona di Jawa Timur.

"Atas nama warga Jatim, kami ucapkan terima kasih seluruh dukungan menteri. Tentu saja kehadiran ini menjadi penguatan demi penguatan dari ikhtiar kami semua untuk bisa bersatu dalam penanganan COVID-19 di Jawa Timur," kata Khofifah didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.