Sukses

VIDEO: Dua Pasien Sembuh COVID-19 Donorkan Plasma Darah di PMI Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang pasien sembuh COVID-19 melakukan donor plasma darah di Gedung PMI Surabaya, Kawasan Jalan Embong Ploso, Surabaya, Jawa Timur.

Donor plasma darah dari pasien sembuh COVID-19 tersebut mampu membantu menyembuhkan pasien positif Covid-19 lainnya. PMI Kota Surabaya mengaku masih kesulitan mencari pendonor plasma darah dari pasien sembuh Covid-19. 

PMI Kota Surabaya membuka layanan donor plasma darah terhadap dua warga Surabaya yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dengan alasan kemanusiaan, kedua warga tersebut secara suka rela mendonorkan plasma darahnya di Kantor Palang Merah Indonesia Cabang Surabaya, di Jalan Embong Ploso, Surabaya, Rabu siang.

Sementara itu pihak PMI Kota Surabaya menyatakan, dua orang pendonor ini mempunyai golongan darah B dan O. PMI Kota Surabaya mengapresiasi langkah dua pendonor ini, lantaran hingga kini masih kesulitan mencari pendonor plasma darah dari pasien sembuh Covid-19. Demikian diberitakan pada Liputan6, 3 Juli 2020.

"Cuma yang agak susah adalah mencari pendonornya, yang betul-betul memenuhi persyaratan, tapi kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota, jadi kita dapat data dari pasien-pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 ini, bahkan ada yang sudah ada pernyataan bahwa dia mau mendonorkan plasmanya," ungkap Budi Arifah, Kepala UDD PMI Surabaya.

Plasma darah orang yang telah sembuh COVID-19 diyakini mampu menyembuhkan pasien yang terpapar virus corona, khususnya pasien dalam kategori berat.