Sukses

Jelang Pilkada Serentak, Polda Jatim Bentuk Satgas Nusantara

Meski kurang empat bulan lagi pilkada serentak di jatim, tetapi semua tahapan pilkada harus disiapkan jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur akan membentuk Satgas Nusantara guna menciptakan suasana aman dan damai pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di wilayah setempat pada 9 Desember 2020.

"Pengamanan pilkada di Jatim akan dipimpin langsung oleh Wakapolda Jatim dengan membentuk Satgas Nusantara. Ini dilakukan agar tidak ada gangguan kamtibmas saat pagelaran pilkada serentak," kata Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran saat audensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Mapolda setempat, Senin, 6 Juli 2020.

Fadil mengatakan, audiensi bersama dengan KPU Jatim ini penting agar tahapan pilkada ini cukup baik. Menurutnya meski pelaksanaan pilkada kurang empat bulan, namun semua harus disiapkan, agar pada waktunya nanti bisa berjalan dengan baik, aman, dan damai.

"Meski kurang empat bulan lagi pilkada serentak di Jatim, namun semua tahapan pilkada harus disiapka jauh-jauh hari. Hal ini sebagai bentuk upaya antisipasi gangguan kantibmas saat gelaran pilkada di Jatim," katanya, dilansir dari Antara.

Selain itu, pilkada serentak di Jatim yang dilaksanakan di 19 kabupaten/kota dengan rincian tiga pemilihan wali kota dan 16 pemilihan bupati, lanjut Fadil, harus benar-benar dikawal.

"Kami Polda Jatim siap mengamankan jalannya pilkada. Selain itu, kapolres jajaran juga membantu penuh mulai tahapan pemilihan hingga pencoblosan," ucap Fadil.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Choirul Anan menyebutkan bahwa sampai saat ini KPU Jatim juga telah melakukan beberapa tahapan pilkada, mulai dari pembentukan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan menyiapakan alat pelindung diri (APD) bagi anggota KPU maupun KPPS.

"Kami sudah melaksanakan tahapan persiapan pilkada, mulai dari pembentukan KPPS, anggaran, bahkan persiapan tes cepat bagi komisioner KPU baik provinsi maupun kabupaten/kota," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.