Sukses

Saat Blusukan, Risma Beri Sanksi Push Up kepada Warga yang Tak Pakai Masker

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menegur dan memberi sanksi sosial kepada masyarakat yang belum patuh protokol kesehatan saat terjun ke kampung-kampung pada Selasa petang, 7 Juli 2020.

Dengan menggunakan sepeda motor, Risma terjun ke kampung-kampung di Kecamatan Tandes, Surabaya, Jawa Timur, bersama dengan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Edison Isir. Risma menilai, kawasan ini pandeminya masih tinggi, meski secara umum di Surabaya trennnya menurun.

"Saya turun di tempat yang pandeminya masih tinggi supaya warga tahu bahwa kita masih belum aman. Makanya kita lakukan sosialisasi," kata dia, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id, Rabu (8/7/2020).

Bahkan di tengah sosialisasi itu, Risma tak segan menegur dan memberi sanksi sosial berupa hukuman push up kepada warga yang melanggar protokol kesehatan tak memakai masker. Salah satunya adalah pengunjung warung kopi (warkop) yang ketahuan tak memakai masker.

"Tolong jaga jarak, pakai masker. Kalau yang sudah sepuh tolong jangan keluar rumah dulu agar tidak sakit, karena masih pandemi," kata dia saat mengingatkan warga di atas motor menggunakan pengeras suara.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menyatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Meski saat ini tren pandemi di Surabaya turun, tetapi kondisinya masih belum aman.

"Biar pandemi turun. Ini sudah mulai turun tapi kita belum aman, tidak bisa kita ceroboh. Justru kita sekarang harus kerja keras supaya tidak ada lagi. Justru kita harus disiplin supaya tidak ada kembali," kata Risma.

Sosialisasi di atas motor tersebut juga diikuti Camat Tandes Dodot Wahluyo, Kapolsek Tandes Kompol Ricky Tri Dharma dan Danramil Tandes Mayor Inf Suwadi beserta masing-masing jajarannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolrestabes Surabaya Siap Dukung Pemkot Surabaya

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Jhonny Edison Isir menyampaikan, pihaknya bersama TNI siap mendukung penuh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam upaya mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Selalu kita evaluasi, artinya kita tetap komitmen mendukung upaya pemkot bersama-sama dengan kawan-kawan TNI kita coba untuk mengendalikan,” kata Kombes Pol Isir.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan adanya pembatasan aktivitas di beberapa ruas jalan mulai pukul 22.00 – 05.00 WIB. Namun demikian, Kombes Pol Isir menyatakan, bagi warga yang memiliki kepentingan masih tetap diperbolehkan untuk melintas.

"Kalau dia mau lewat, dia lapor saja tidak apa-apa bilang ada kepentingan itu pasti dibuka," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.