Sukses

Persakmi Apresiasi Langkah Pemkot Surabaya Gelar Kampanye Protokol Kesehatan

Persakmi menilai langkah tepat bagi Pemkot Surabaya untuk gencar kampanye protokol kesehatan dalam kendalikan COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga angkat bicara terkait aksi blusukan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) ke kampung-kampung di Kecamatan Tandes, Surabaya, Jawa Timur. 

Risma bahkan menegur dan memberi sanksi sosial berupa push up kepada masyarakat yang belum patuh protokol kesehatan atau yang tidak memakai masker. 

"Pemkot Surabaya semakin gencar melakukan kampanye protokol pencegahan COVID-19. Bahkan, langkah tersebut langsung dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini. Operasi gabungan rutin tiap hari digelar menyasar berbagai tempat, terutama yang menjadi sasaran berkumpulnya warga. Kampanye protokol pencegahan itu merupakan langkah yang tepat," kata Estiningtyas Nugraheni, SKM. MARS Pengurus Pusat (PP) Persakmi, Rabu (8/7/2020).

Esti menambahkan, protokol pencegahan juga sangat berperan untuk mengendalikan jumlah kontak terhadap virus. Pengendalian terhadap jumlah kontak dapat dilakukan dengan beberapa upaya. Salah satu upaya terpenting adalah kepatuhan dan kedisplinan dalam menjalani protokol cegah COVID-19. 

"Protokol cegah COVID-19 yang direkomendasikan WHO dan Gugus Tugas adalah pemakaian masker dengan benar, rajin cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak minimal 1,5 – 2 meter. Sehingga kampanye protokol cegah COVID yang dilakukan Pemkot Surabaya tentu menjadi bagian penting dalam mengendalikan jumlah kontak virus," paparnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengendalikan COVID-19

Ketua IKA FKM Unair ini mengatakan, dalam penanganan dan pengendalian COVID-19 dikenal dengan Rt (bilangan reproduksi). Penanganan COVID-19 dianggap berhasil jika bilangan reproduksi kurang dari 1.

Prinsip bagaimana agar bilangan reproduksi menjadi di bawah angka 1, adalah dengan mengendalikan tiga  aspek penting yaitu laju infeksi, periode infeksi, dan jumlah kontak terhadap virus. 

Laju infeksi lebih pada karakteristik virus, yang sulit dimanipulasi. Sementara periode infeksi dapat dikendalikan dengan prinsip dasar 3T dan I, yaitu  testing yang agresif,  pelaksanaan tracing yang masif, perawatan yang adekuat (treatment) dan isolasi. 

"Semakin Pemkot Surabaya dapat melakukan 3T dan I, maka dapat mengendalikan periode infeksi dengan baik. Perawatan yang adekuat salah satunya adalah pentingnya perhatian Pemkot Surabaya terhadap tenaga kesehatan, antara lain ketersediaan alat pelindung diri (APD), kecukupan tenaga dan ketersediaan sarana," ucapnya. 

"Bila kita memahami pattern prinsip dasar bilangan reproduksi, maka kita dapat dengan jelas menyikapi situasi COVID yang cukup tinggi di Surabaya. Jika kasus konfirmasi yang meningkat mayoritas didapatkan dari pasien ODP atau PDP, maka konsep dasar test dan tracing berjalan baik," ungkap Esti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.