Sukses

VIDEO: Warga Desa Kolpo Sumenep Tolak Satgas COVID-19 Saat Tracing

Liputan6.com, Jakarta - Aksi warga marah-marah dan mengusir Satgas Covid-19 terekam dalam video amatir yang beredar luas di media sosial.

Warga Desa Kolpo, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep menghalangi Satgas Covid-19 yang akan melakukan tracing terhadap keluarga seorang warga yang dinyatakan positif Covid-19 dari klaster gudang pabrik rokok di Sumenep.

Anggota TNI dan polisi di lokasi kejadian juga tidak bisa berbuat banyak, khawatir terjadi hal yang tak diinginkan, Satgas Covid-19 akhirnya memilih untuk pergi dari tempat tersebut. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 8 Juli 2020.

Penolakan warga terhadap Satgas Covid-19 yang hendak melakukan tracing bukan pertama kali terjadi. Ini menjadi salah satu kendala Satgas Covid-19 pada saat bertugas.

"Kita melakukan tracing kontak erat kepada kerabat dari korban yang terkonfirmasi positif, kebanyakan kita mendapatkan beberapa kendala di antaranya penolakan dari keluarga yang tidak mau di rapid, kemudian menganggap ini suatu hal yang tabu," ungkap Ferdiansyah Tetrajaya, Humas Satgas Covid-19 Sumenep.

Di Kabupaten Sumenep sudah ada 102 kasus Covid-19, empat orang di antaranya meninggal dunia dan 27 orang sudah dinyatakan sembuh.