Sukses

VIDEO: Seorang Santri Pondok Gontor 2 Terinfeksi Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Seorang santri Pondok Modern Gontor Kampus 2 yang terkonfirmasi positif Covid-19, berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Dia kembali ke pondok pada 17 Juni 2020 dalam kondisi sehat, dan membawa surat keterangan telah menjalani isolasi mandiri 14 hari, serta surat non-reaktif dari rumah sakit.

Namun, setelah mendapat kabar jika ayah dari santri tersebut positif COVID-19, Tim Gugus Tugas Ponorogo langsung melakukan swab test pada santri berusia 17 tahun itu. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 8 Juli 2020.

Sabtu, 4 Juli hasil swab keluar dan dinyatakan positif COVID-19. Mengantisipasi penyebaran, santri tersebut langsung diisolasi di Rumah Sakit Darmayu, Ponorogo. Tim Gugus Tugas langsung melakukan tracing atau penelusuran terhadap orang-orang terdekat pasien termasuk mengisolasi rekan-rekannya di pondok pesantren.

"Ini tentu, sesuatu yang tidak sederhana, karena anak ini berada dalam satu kamar sebanyak 30 orang, selama di Pondok Gontor dan satu kelasnya sebanyak 25 orang, belum lagi kita berbicara tentang kawan-kawannya di luar kamar dan di luar kelas, yang pasti 30 plus 25 yang satu kamar, itu sudah kita tetapkan sebagai kontak tracing-nya," ujar Ipong Muchlisoni, Bupati Ponorogo.

Dari rekan sekamar dan sekelas pasien saja berjumlah 55 orang ditambah dengan pengasuh lainnya, diperkirakan telah ada kontak hingga 68 orang. Oleh sebab itu Pemkab Ponorogo akan menggelar swab test dan rapid test dalam waktu dekat.