VIDEO: IDI Jatim Sebut 94 Dokter Terpapar Corona COVID-19

VIDEO: IDI Jatim Sebut 94 Dokter Terpapar Corona COVID-19

Sedikitnya ada 94 dokter di Jawa Timur yang terpapar COVID-19, dan kini tengah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit. Sejumlah 94 dokter terpapar, belum termasuk dokter yang praktik di Surabaya.

Ikatan Dokter Indonesia, Jawa Timur, mengaku kesulitan merinci jumlah dokter yang bertugas di Surabaya, karena jumlahnya banyak dan tersebar. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 8 Juli 2020.

"Yang terpapar sudah 94--95, itu dokter saja, itu masih belum masuk Surabaya, belum termasuk Surabaya, angkanya tinggi dan datanya memang sedikit dispute, dan kami perlu validasi lagi, ketepatan yang positif itu," terang dr Sutrisno, Ketua IDI Jawa Timur.

Besar kemungkinan jumlah dokter di Surabaya yang terpapar COVID-19 jauh lebih banyak, karena Surabaya menjadi rujukan penderita COVID-19 dari berbagai daerah.

Sedangkan jumlah dokter yang meninggal sudah 14 orang, dua di antaranya residen dokter program pendidikan dokter spesialis.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengundang Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah dalam rapat koordinasi. Kepala Daerah Sidoarjo dan Gresik juga hadir, mengingat dua wilayah tersebut merupakan daerah kenaikan tertinggi kasus Covid-19 setelah Surabaya.

"One gate system itu real time, bagaimana evakuasi dan layanan secara kuratif bisa didistribusikan terutama untuk Surabaya Raya, ini juga salah satu follow up dari penugasan pak Pangkogabwilhan II sebagai komandan untuk rumah sakit darurat lapangan sekaligus untuk pengendalian COVID-19 di Jawa Timur," ujar Khofifah, Gubernur Jawa Timur.

Rapat membahas tentang percepatan penanganan COVID-19, khususnya di kawasan Surabaya Raya per 6 Juli kasus positif COVID-19 di Jawa Timur mencapai 14.321 dengan daerah paling terdampak, masih didominasi tiga wilayah, yakni, Surabaya, Kabupaten Gresik dan Sidoarjo.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 July 2020, 07:55 WIB

Video Terkait

Spotlights