Sukses

Deretan Kabar Baik dari Jatim Sambut Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya dan Jawa Timur makin bertambah pada pekan ini. Bahkan pasien sembuh dari Corona COVID-19 terbanyak di Jawa Timur pada pekan ini.

Berdasarkan data Dinas Kominfo Jawa Timur (Jatim), tambahan pasien terbanyak pada 10 Juli 2020 yang mencapai 318 orang. Dengan demikian total pasien sembuh mencapai 6.131 orang pada 10 Juli 2020. Namun, berdasarkan data Kementerian Kesehatan sebanyak 234 orang, dan terbanyak di Indonesia secara harian pada 10 Juli 2020.

Tak hanya itu, di Surabaya, Jawa Timur, pasien sembuh dari COVID-19 juga meningkat. Pada Kamis, 9 Juli 2020 tercatat pasien sembuh di Surabaya mencapai 3.219 orang.

Selain itu, dua orang pasien sembuh COVID-19 juga melakukan donor plasma darah di PMI Surabaya. Donor plasma darah dari pasien sembuh COVID-19 tersebut mampu membantu menyembuhkan pasien positif COVID-19 lainnya. PMI Kota Surabaya mengaku masih kesulitan mencari pendonor plasma darah dari pasien sembuh COVID-19. 

Kabar baik lainnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) juga berkolaborasi dengan Kedutaan Inggris untuk optimalkan akses data real time COVID-19 bagi masyarakat di Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan, dengan ada perluasan akses data real time, intervensi kebijakan yang diambil Pemprov Jatim dapat langsung diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan sehingga terkonfirmasi langsung di masyarakat.

Ingin tahu kabar baik lainnya pada pekan ini? Berikut sejumlah rangkumannya yang ditulis Sabtu, (11/7/2020) seperti dikutip dari berbagai sumber:

2 dari 10 halaman

Pasien Sembuh dari Corona COVID-19 di Surabaya Tembus 3.219 Orang

Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur meningkat. Tercatat Tercatat hingga Kamis, 9 Juli 2020, angka kumulatif kesembuhan di Kota Pahlawan sebanyak 3.219 pasien.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, pada Kamis, 9 Juli 2020, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 76 orang. Pasien tersebut terdiri dari pasien rawat inap di rumah sakit, isolasi di Hotel Asrama Haji dan rawat jalan isolasi mandiri.

"Rinciannya, dari Hotel Asrama Haji 34 orang. Kemudian rawat inap rumah sakit 16 orang dan rawat jalan 26 orang," kata Febria Rachmanita, Jumat, 10 Juli 2020 seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 10 halaman

Tambahan Pasien Sembuh dari Corona COVID-19 Terbanyak dari Jatim pada 10 Juli 2020

Jawa Timur masih catatkan tambahan kasus baru terbanyak Corona COVID-19 pada Jumat, 10 Juli 2020, tetapi di posisi dua. Ada tambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 246 orang di Jawa Timur.

Meski demikian, pasien sembuh dari Corona COVID-19 di Jawa Timur termasuk terbanyak pada 10 Juli 2020. Ada tambahan pasien sembuh sebanyak 234 orang di Jawa Timur.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto menuturkan, ada pemeriksaan terhadap 23.609 spesimen. Dari pemeriksaan didapatkan kasus positif COVID-19 sebanyak 1.611 orang sehingga total menjadi 72.347 orang.

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 10 halaman

VIDEO: Dua Pasien Sembuh COVID-19 Donorkan Plasma Darah di PMI Surabaya

Dua orang pasien sembuh COVID-19 melakukan donor plasma darah di Gedung PMI Surabaya, Kawasan Jalan Embong Ploso, Surabaya, Jawa Timur.

Donor plasma darah dari pasien sembuh COVID-19 tersebut mampu membantu menyembuhkan pasien positif Covid-19 lainnya. PMI Kota Surabaya mengaku masih kesulitan mencari pendonor plasma darah dari pasien sembuh Covid-19. 

PMI Kota Surabaya membuka layanan donor plasma darah terhadap dua warga Surabaya yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 10 halaman

Lamongan Jadi Salah Satu Pusat Penelitian Obat Corona COVID-19

Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Universitas Airlangga (Unair) Dr Purwati akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan untuk melakukan uji klinis obat COVID-19 di Kabupaten Lamongan.

Sebelumnya Universitas Airlangga bekerja sama dengan Badan Intelijen Nasional (BIN) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan obat COVID-19.

Purwati menuturkan, selain Lamongan, hal yang sama dilakukan pada rumah sakit di Kediri, Surabaya dan RSPAD. Ia mengatakan, pada masa pandemi ini, beberapa tim telah melakukan pintasan untuk mencari dan meneliti obat yang ada, sebab kalau membuat obat baru memerlukan proses panjang.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 10 halaman

Pemkot Surabaya Bantu Biaya Persalinan Ibu Hamil Kurang Mampu

Pemerintah Kota Surabaya memberikan perhatian serius terhadap kondisi dan kesehatan ibu hamil (bumil). Salah satunya membantu ibu hamil berasal dari keluarga tidak mampu dan belum memiliki BPJS.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengimbau kepada ibu hamil tidak perlu bingung dan cemas dengan biaya perawatan dan persalinan di rumah sakit.

Pemerintah Kota Surabaya telah bekerjasama dengan beberapa RS Ibu dan Anak dan RSU rujukan. Jika bumil itu berasal dari keluarga tidak mampu dan belum memiliki BPJS, keluarganya bisa mengurus SKM (Surat Keterangan Miskin) ke pihak RT/RW setempat.

Berita selengkapnya baca di sini

7 dari 10 halaman

Cara Dosen Unair Surabaya Perbaiki Genetik Sapi Lokal

Semangat pengabdian masyarakat dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tidak luntur di tengah pandemi Corona Covid-19. Bekerja sama dengan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang, para dosen berupaya memperbaiki genetik sapi lokal dengan metode inseminasi buatan.

Inseminasi buatan ini menggunakan semen yang berisi spermatozoa Y pejantan sapi Simental di Kecamatan Kedungpring Lamongan.

Berita selengkapnya baca di sini

8 dari 10 halaman

Butuh Mobil Pengantin? Wakil Wali Kota Madiun Pinjamkan Sedan Kerennya

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu meminjamkan mobil pribadinya bagi warga Madiun terutama kurang mampu yang akan menikah. Mobil tersebut untuk mobil pengantin bagi pasangan yang akan menikah.

Lewat akun instagram @indaraya, ia mengunggah pengumuman terkait mobil pengantin. Ia akan meminjamkan mobil pribadinya sedan Nissan Teana untuk mobil pengantin.

Bahkan mobil tersebut sudah dihias dan sekalian ada sopirnya.  Meminjam mobil pribadi wakil wali kota tersebut pun gratis. Berikut isi pengumuman tersebut.

Berita selengkapnya baca di sini

 

9 dari 10 halaman

Kolaborasi Pemprov Jatim dan Kedutaan Inggris untuk Akses Data Real Time COVID-19

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) berkolaborasi dengan Kedutaan Inggris untuk mengoptimalkan akses data real time Covid-19 bagi masyarakat di seluruh Jatim.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan dengan adanya perluasan akses data real time, maka intervensi kebijakan yang diambil oleh Pemprov Jatim bisa langsung diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh stake holders sehingga terkonfirmasi langsung di masyarakat. 

"Jika kami mendapat support data real time, maka intervensi kebijakan juga bisa dilakukan dengan presisi yang lebih tinggi dan hasil yang lebih signifikan,” ujar Khofifah, Selasa, 7 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

10 dari 10 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini