Sukses

Pesan Gubernur Khofifah untuk Koperasi dan UMKM di Jatim

Liputan6.com, Surabaya- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada koperasi dalam peringatan Hari Koperasi ke-73 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Ia meminta koperasi mempercepat transformasi layanan digital untuk menghadapi era normal baru di masa pandemi Corona Covid-19 saat ini.

Menurut Gubernur Khofifah, koperasi harus berpacu dengan situasi sekarang dan jangan sampai terlambat.

“Pelaku koperasi dan UMKM harus mencari celah dan menangkap berbagai peluang baru di tengah pandemi Covid-19,” ujar Gubernur Khofifah, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (12/7/2020).

Ia mengatakan, saat ini banyak perubahan kebiasaan di tengah masyarakat, seperti, peredaran uang kartal yang terus melambat akibat masyarakat beralih ke uang digital. Selain itu, masyarakat juga lebih memilih belanja secara daring sebagai respons atas anjuran pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Gubernur Khofifah mengakui tidak mudah melakukan perubahan secara cepat, namun ia optimistis koperasi di Jatim mampu melakukan hal tersebut karena merupakan tuntutan wajib di era sekarang.

Jumlah koperasi aktif di wilayah Jatim sebanyak 21.000 koperasi dan 9,78 juta UMKM. Keduanya memegang peranan sangat penting sebab lebih dari 50 persen produk domestik regional bruto (PDRB) Jatim disumbang oleh koperasi dan UMKM.

“Banyak peluang yang bisa ditangkap dan dieksekusi sehingga bisa memperoleh peluang berlipat. Koperasi harus buat produk baru yang dibutuhkan oleh pasar. Jemput bola atau jangan tunggu bola datang,” tutur Gubernur Khofifah.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: