Sukses

VIDEO: Abrasi Ancam Rumah Warga di Pesisir Utara Tuban

Liputan6.com, Jakarta - Kerusakan parah menimpa rumah warga di pesisir utara Desa Margosuko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, akibat diterjang ombak besar.

Ombak besar menyebabkan kerusakan pada bagian dinding serta tempat tidur. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, 9 Juli 2020.

Pondasi bangunan rumah juga menggantung, akibat habis terkikis ombak laut. Tak hanya itu, sekitar 30 bangunan milik warga juga terancam tergerus abrasi.

Sejak sepekan terakhir, gelombang laut hingga setinggi 2 meter yang datang bersama air pasang membuat warga resah dan ketakutan.

Antisipasi telah dilakukan warga dengan membuat tanggul darurat pemecah ombak secara bergotong-royong, dengan memasang karung berisi pasir. Namun, karena kuatnya terjangan ombak memorak-porandakan tanggul, hingga tanah warga terus terkikis setiap harinya.

"Supaya pemerintah bisa mengatasi masalah ini, agar masyarakat ini bisa tenang kalau malam," pinta Arifin, Warga.

Selama tiga tahun, gelombang laut tinggi kerap menerjang pesisir utara, Kabupaten Tuban. Kondisi ini menjadi bencana tahunan yang datang setiap memasuki pergantian musim.

Meski warga pernah mengajukan, tetapi hingga kini belum ada upaya dari pemerintah daerah untuk menanggulangi dampak gelombang.