Sukses

Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban dari Jatim Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, permintaan hewan kurban dari wilayah Jawa Timur meningkat sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Hewan kurban tersebut lalu dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk didistribusikan ke luar pulau Jawa setelah sebelumnya hewan ternak tersebut telah diperiksa di Balai Karantina Pertanian Unit Pelayanan II Surabaya.

Koordinator Bidang Antar Area Balai Besar Pertanian Surabaya, drh Suci Rahmawati mengatakan, pengiriman hewan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat signifikan, dilansir dari Antara.

"Kalau untuk jenis binatang lebih besar seperti sapi, memang banyak yang masuk di pelabuhan Surabaya, tapi hanya transit saja. Untuk kemudian dikirimkan ke Jawa Barat, Cianjur, Bekasi,” ujar dia.

Sedangkan yang keluar dari Surabaya, lanjut Suci, adalah jenis kambing dan domba, tujuannya adalah Kalimantan, baik Kalimantan Timur, Kalimantan Utara maupun Kalimantan Selatan.

Sementara itu, pengusaha hewan ternak, Amang Mulia mengatakan, pihaknya mengirim hewan kurban tersebut ke luar pulau Jawa, khususnya ke Pulau Kalimantan.

"Di sana ada pelabuhan penyebaran, yaitu pelauhan di Balikpapan dan Banjarmasin. Saya mengkoordinir semua pedagang hewan di seluruh wilayah Jawa Timur seperti Pacitan, Trenggalek, Tulungagung. Kediri, hingga Malang dan Banyuwangi,” ucap Amang.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini