Sukses

VIDEO: 60 Santri Pondok Gontor 2 yang Reaktif Jalani Isolasi Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul temuan, ada santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, langkah cepat diambil para pengasuh Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 2 di Siman, Ponorogo, Jawa Timur.

Pada Senin, sebanyak 500 santri menjalani tes cepat, dan didapati 60 orang menunjukkan hasil reaktif. Mereka pun langsung dipindahkan ke Wisma Darussalam di Kampus Pusat Pondok Pesantren Gontor 1 di Mlarak, Ponorogo.

Di tempat ini protokol kesehatan diberlakukan dengan ketat. Selain untuk mencegah interaksi dan potensi penularan, pemindahan ke-60 santri juga dimaksudkan agar mereka nyaman dalam menjalani isolasi. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 14 Juli 2020.

"Kami mengisolasi dari hasil rapid test yang ada di Kampus Pesantren Gontor 2 ada 60, 60 pasien isolasi, dan kami isolasi di tempat khusus, di Wisma Darussalam, ya seperti di hotel begitu, jadi kami supaya mereka aman dan nyaman terhindar dari interaksi dengan masyarakat luas," ujar M. Adib Fuadi, Jubir Satgas Covid-19 Ponpes Gontor.

Sejak kasus pertama positif Covid-19, 4 Juli 2020 , pengasuh Pondok Pesantren Modern Gontor bergerak cepat dan bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Ponorogo.

Santri dan pengasuh yang sempat kontak langsung dengan kasus pertama, langsung menjalani serangkaian tes. Dan hingga Minggu lalu, sudah didapati 12 santri positif Covid-19. Ada 11 orang yang kini dirawat di Rumah Sakit Darurat Indrapura, Surabaya, sedangkan seorang di Rumah Sakit dr Soeroto, Ngawi.