Sukses

Siswa di Kota Madiun Dapat Laptop Gratis, Kok Bisa?

Liputan6.com, Surabaya- Program laptop gratis untuk siswa di Kota Madiun segera terealisasi. Pengiriman laptop HP 240 G7 tahap pertama telah tiba di Madiun dari Jakarta sebanyak 1.425 unit pada Rabu, 15 Juli 2020.

Total ada 5.425 unit laptop yang dipesan Pemkot Madiun untuk memenuhi kebutuhan siswa, sedangkan 4.000 unit lainnya dijadwallkan tiba secara bertahap pada pekan depan.

"Program ini merupakan salah satu upaya mewujudkan Madiun Kota Pintar yang dicanangkan Wali Kota Maidi dan Pemkot Madiun," ujar Heri Wasana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (16/7/2020).

Pemkot Madiun telah mengalokasikan dana sebesar Rp 40 miliar untuk pengadaan sarana pendidikan tersebut di tahun anggaran 2020.

Heri menuturkan laptop gratis itu akan diberikan kepada siswa kelas V SD dan kelas VIII SMP. Penggunaannya bersifat pinjam pakai, sehingga siswa harus menjaga dan memanfaatkan laptop dengan baik untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar.

Setiap siswa akan mendapatkan satu paket yang berisi laptop, tas, dan pengisi daya. Sebelum dibagikan ke siswa, akan ada pengecekan dari tim ahli terkait spesifikasi, perangkat lunak, penyesuaian kurikulum sekolah dan uji fungsi untuk memastikan laptop berfungsi maksimal.

Ia menambahkan program laptop gratis tersebut sangat tepat digunakan saat pandemi Covid-19 karena bisa mendukung kegiatan siswa di Kota Madiun belajar secara daring dari rumah.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: