VIDEO: Gunung Raung Masih Alami Aktivitas Vulkanik, Status Waspada

VIDEO: Gunung Raung Masih Alami Aktivitas Vulkanik, Status Waspada

Pada Kamis, Gunung Raung masih menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. Petugas Pos Pengamatan Gunung Raung di Desa Sumberarum, Songgon, Banyuwangi mencatat ada semburan asap vulkanik dengan tinggi 100 hingga 200 meter.

Dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik dua hari terakhir, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung dari normal menjadi waspada, mulai Jumat sore. Sepanjang Jumat, Gunung Raung mencatat mengalami erupsi 26 kali, serta tremor sebanyak 20 kali.

Sehubungan dengan itu, baik warga maupun wisatawan dihimbau tidak mendekat atau beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari puncak gunung.

Gunung Raung terakhir mengalami erupsi pada 2015 yang mengakibatkan hujan abu di beberapa wilayah di Jawa Timur hingga Lombok. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 18 Juli 2020.

"Telah terjadi erupsi dengan skala kecil mulai kemarin 16 Juli 2020 terlihat mulai cukup intensif sekitar pukul 11 dengan tinggi kolom besar 100 sampai 200 meter," terang Mukijo, Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung.

"Untuk masyarakat sampai saat ini masih aman, tetap tenang, tidak perlu panik," ia menambahkan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 July 2020, 08:36 WIB

Video Terkait

Spotlights