Sukses

Pemkot Surabaya Bentuk Tim Baru Penanggulangan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur menyiapkan tim baru penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi seiring Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

"Pak Sekda sudah saya minta bentuk. Kita tetap bentuk tim karena tidak mungkin kalau Dinas Kesehatan bekerja sendiri. Jadi kita tetap bentuk tim, tapi belum tahu apa namanya nanti," ujar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) di Balai Kota Surabaya, Selasa, (21/7/2020), seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, selain mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, pembentukan tim ini dinilai penting untuk saling menyamakan persepsi.

Selain itu, lanjut dia, koordinasi terkait penanganan COVID-19 yang selama ini telah berjalan tetap sama seperti halnya dalam memutuskan suatu protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.

Oleh karena itu, Risma menuturkan, tim tersebut merupakan gabungan dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya.

"Supaya koordinasinya tetap sama. Jadi nanti misalnya memutuskan sesuatu, misalkan protokol di mal itu ya, tetap ada tim inti dari Bakesbang, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan," tutur dia.

Risma menyebut sebelum melangkah atau memutuskan suatu kebijakan, tim tersebut akan mempertimbangkan terlebih dahulu dari berbagai sisi aspek seperti halnya di pusat perbelanjaan, harus ada pertimbangan dari sisi pengaturan pengunjung hingga transaksi pembelian.

"Jadi tidak sendiri, maksudnya kalau dilihat dari sisi perdagangan, dia mungkin atur transaksi saja. Tapi kalau dengan tim, maka diatur misalkan caranya antre kalau di dalam penuh, antrenya bagaimana di luar begitu," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Gandeng TNI dan Polri

Meski demikian, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu, menyatakan dalam pembentukan tim nanti, pihaknya tetap menggandeng jajaran TNI dan Polri. Hal itu berkaca pada pengalaman sebelumnya bahwa keterlibatan TNI dan Polri dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Kota Surabaya dinilai penting.

"Kita selama ini tetap libatkan (TNI dan Polri, red.), sistem baru kita libatkan itu. Karena sebelumnya pun kita sudah begitu, sebelumnya tetap kita juga lakukan seperti itu," tutur dia.

Terkait kondisi ekonomi di Surabaya, Risma menjelaskan bahwa kondisi roda perekonomian di "Kota Pahlawan" mulai berjalan baik. Tentunya, ke depan pihaknya akan terus melakukan evaluasi-evaluasi terkait dengan kondisi perekonomian di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu.

"Kalau ekonomi rasanya masing-masing sudah mulai jalan. Jadi evaluasi misalkan kemarin kayak PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), bisa diangsur. Termasuk IMB (Izin Mendirikan Bangunan) itu juga sudah kita atur bagaimana pembayarannya," ujar dia.

Ketika ditanya kapan tim itu mulai berjalan, Wali Kota Risma menyatakan, saat ini sedang membahas dan telah menginstruksikan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan untuk pembentukan tim tersebut. "Sekarang masih dibahas, tapi yang jelas kita tetap koordinasinya sebagai tim," kata dia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.