Sukses

Ratusan Petugas Gabungan Sterilisasi Pasar Keputran Surabaya

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, Eddy Christijanto menuturkan, ada sekitar 400–500 petugas keamanan untuk sterilisasi Pasar Keputran Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Penyemprotan disinfektan akan dilakukan masif di Pasar Keputran Surabaya. Ratusan petugas gabungan pun dikerahkan untuk membersihkan, sterilisasi dan penyemprotan disinfektan di Pasar Keputran Utara, Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, Eddy Christijanto menuturkan, ada sekitar 400–500 petugas keamanan terdiri dari TNI, Polri, Linmas, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) yang dikerahkan saat sterilisasi Pasar Keputran tersebut.

"Tujuannya untuk menyaring siapa saja yang masuk di pasar itu. Saat ini masih dilakukan sterilisasi, sehingga pada 27 Juli mendatang pasar ini betul-betul steril dan bisa digunakan untuk jualan kembali," ujar Eddy, seperti dikutip dari Antara, Selasa (21/7/2020).

Kemudian untuk akses pengamanan Pasar Keputran Surabaya, menurut dia, ada tiga lokasi penjagaan dan cek poin, yakni di Jalan Kayoon, Jalan Sono Kembang, dan Jalan Dharmala. Meskipun demikian, warga di sekitar wilayah itu masih bisa beraktivitas.

"Untuk keluar masuknya tetap satu pintu di Jalan Keputran," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hingga 22 Juli 2020, Pedagang Diperbolehkan Ambil Barang

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB dan Linmas) Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, selama Pasar Keputran ditutup pada 21-27 Juli 2020, petugas gabungan melakukan pembersihan, sterilisasi, dan penyemprotan disinfektan mulai dari sisi luar Pasar Keputran Utara hingga bagian dalam pasar secara menyeluruh.

"Hari demi hari kami lakukan sterilisasi. Untuk yang hari pertama ini pembersihan dan penyemprotan bagian luarnya. Keesokan harinya kami semprot bagian dalam pasar," kata Irvan.

Ia mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut akan dilakukan secara masif di sekitar wilayah Pasar Keputran Utara tanpa terkecuali. Bahkan, setelah bagian luar dan dalam pasar steril, tahap berikutnya akan dilakukan pembersihan stan dan saluran.

"Kami bersihkan juga stan beserta saluran-salurannya. Artinya semua yang berhubungan dengan Pasar Keputran Utara akan disterilkan dan disemprot," ujar dia.

Meskipun demikian, Irvan menegaskan hingga Rabu, 22 Juli 2020, para pedagang masih diperbolehkan mengambil barang-barang yang perlu diamankan untuk sementara waktu. Bahkan, jika berkenan para pedagang juga diajak kerja bakti membersihkan stan mereka masing-masing.

"Sekaligus kami minta pedagang barangkali mau kerja bakti di stan masing-masing, silakan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.