VIDEO: Gaya Komunitas Sepeda Klasik Penny Farthing di Sidoarjo

VIDEO: Gaya Komunitas Sepeda Klasik Penny Farthing di Sidoarjo

Melihat sepeda seperti ini, mungkin ingatan kita akan kembali ke masa lampau. Tidak salah karena inilah sepeda Penny Farthing buatan Inggris yang usianya sudah lebih dari satu abad, yakni rakitan tahun 1870. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 20 Juli 2020.

Sejumlah warga yang sedang berolah raga pagi di depan Museum Empu Tantular Sidoarjo pun terpikat dengan kehadiran sepeda-sepeda klasik ini. Apalagi para pemiliknya juga menyesuaikan kostum mereka dengan sepeda yang mereka tunggangi.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, sejumlah pecinta sepeda tua ini menjajal Penny Farthing melintasi sejumlah ruas jalan. Bersepeda Penny Farthing tak semudah menaiki sepeda onthel pada umumnya. Pasalnya pedal sepeda berada di samping roda depan yang diameternya jauh lebih besar dari roda belakang dan pedal sepeda pada umumnya.

Salah seorang pemiliknya mengaku, menaiki sepeda ini mempunyai rasa tersendiri, belum lagi nilai klasik dan keunikannya, sanggup memikat siapa saja yang melihatnya.

"Sepeda ini sangat unik sekali, sangat langka sekali di Indonesia, karena di Indonesia masih terbatas sekali, sehingga apabila kita memakai sepeda ini banyak antusias masyarakat yang senang sekali melihat waktu kita ngonthel pakai sepeda ini," ujar Suasmoro, Pemilik Sepeda Penny Farthing.

Selain untuk sambil berolahraga meningkatkan kebugaran, ajang ini juga untuk mempererat persaudaraan antar sesama pecinta sepeda klasik. Protokol kesehatan pun dilakukan, salah satunya dengan menjaga jarak dengan tertib membuat satu barisan ke belakang saat bersepeda keliling kota.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 July 2020, 08:27 WIB

Video Terkait

Spotlights