VIDEO: Uniknya Museum Kreweng di Sidoarjo

VIDEO: Uniknya Museum Kreweng di Sidoarjo

Di Sidoarjo, Jawa Timur ada sebuah museum yang dikenal sebagai tempat edukasi peninggalan situs bersejarah zaman Majapahit, yakni Museum Kreweng.

Berbeda dengan museum pada umumnya, bangunan Museum Kreweng beralaskan tanah, dan beratap daun rumpun bambu. Meski sederhana, tetapi museum yang menyimpan situs peninggalan nenek moyang ini terus dilestarikan warga dan pecinta situs purbakala. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 22 Juli 2020.

Museum Kreweng terletak di Desa Terung Wetan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Di dalam bangunan sederhana, dengan lantai tanah dan atap daun rumpun bambu ini, menyimpan banyak koleksi pecahan ornamen situs kuno bersejarah peninggalan Kadipaten Terung.

Pemakaian kata kreweng berasal dari Bahasa Jawa berarti pecahan-pecahan gerabah atau tembikar. Di sini juga terdapat situs struktur bangunan, berbentuk tumpukan batu bata, diduga di zaman Majapahit.

"Warga sangat mendukung sekali dengan kegiatan-kegiatan yang ada di sini, semacam Museum Kreweng dan sebagainya sangat mendukung," terang Saneko, Perangkat Desa.

Bangunan museum yang masih tradisional dan sederhana ini cukup asri dan sejuk. Museum ini tak pernah sepi pengunjung, karena bagus untuk edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya melestarikan peninggalan situs bersejarah.

Museum Kreweng yang mengoleksi serpihan-serpihan ornamen peninggalan Kadipaten Terung ini diharapkan bisa terus dilestarikan. Sehingga mengangkat fakta situs bersejarah yang pernah ada di zaman Kerajaan Majapahit.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 July 2020, 08:40 WIB

Video Terkait

Spotlights