Sukses

Ritual Manusuk Sima di Kota Kediri Digelar Virtual

HUT ke-1141 Kota Kediri akan digelar secara virtual.

Liputan6.com, Surabaya - HUT ke-1141 Kota Kediri akan digelar secara virtual. Pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi alasan utamanya.

Rangkaian acaranya pun juga digelar secara virtual, termasuk ritual manusuk sima yang sacral yang akan digelar di Situs Kuwak, Taman Tirtayasa, Kota Kediri pada Senin, 27 Juli 2020. 

Ritual sakral tersebut digelar dengan protokol kesehatan dengan melibatkan peserta tidak lebih dari 40 orang dan digelar tanpa penonton. Masyarakat bisa menyaksikan siaran langsung via YouTube.

Manusuk sima ini kan sudah tradisi tahunan, untuk menghormati leluhur para pendiri Kediri.

Rangkaian hari jadi dimulai dengan acara semaan Kitab Suci Al Quran hingga pergelaran ritual manusuk sima dilakukan secara virtual. Selain itu ada pula pergelaran musik dan pameran UMKM virtual.

"Meskipun digelar secara sederhana, tidak mengurangi makna perayaan hari jadi tahun ini. Di tengah situasi pandemi Covid-19 ini sangat tidak memungkinkan penyelenggaraan acara yang mengumpulkan orang banyak," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (24/7/2020).

Ia mengatakan usia Kediri sudah cukup tua. Namun, pemerintah selalu membuat terobosan baru agar kota ini semakin berkembang. Termasuk menggelar peringatan hari jadi secara virtual.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.