Sukses

Kriminal Surabaya Sepekan: Polisi Tangkap Tersangka Pencabulan hingga Pembobolan Toko Elektronik

Berikut sejumlah berita kriminal yang terjadi pekan ini di Surabaya dan wilayah lain di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Selama pekan ini, polisi ungkap sejumlah kasus seperti pencurian, pembobolan toko elektronik hingga pencabulan di Surabaya dan wilayah lainnya di Jawa Timur.

Salah satunya, petugas kepolisian resor Mojokerto yang membekuk tiga orang pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil dengan membawa uang korban senilai Rp 259 juta di Kawasan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pelaku sudah lima kali melakukan aksi dengan modus sama.

"Ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda-beda sebelum beraksi. Satu pelaku berinisial melakukan pengecekan awal lokasi sasaran yang akan dilakukan pencurian ataupun pembobolan dengan modus pecah kaca. Dua pelaku lagi sebagai eksekutor," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Selasa, 21 Juli 2020.

Selain itu, polisi juga menangkap seorang pria berinisial AR (34) yang dilaporkan anak beserta istrinya lantaran melakukan pencabulan terhadap anak tetangganya berinisial N (12).

"Perbuatan cabul oleh tersangka dilakukan sejak Juli 2019 hingga diketahui sampai 11 Juli 2020," ujar Kanit PPA Polrestabes Surabaya, AKP Iptu Harun.

Berikut sejumlah berita kriminal yang terjadi pada pekan ini dirangkum, Minggu, (26/7/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Polisi Tangkap Tersangka Pencabulan Anak di Surabaya

Kanit PPA Polrestabes Surabaya, AKP Iptu Harun membenarkan, pihaknya telah menangkap pria berinisial AR (34) setelah dilaporkan oleh anak beserta istrinya lantaran melakukan pencabulan terhadap anak tetangganya berinisial N (12).

"Perbuatan cabul oleh tersangka dilakukan sejak Juli 2019 hingga diketahui sampai 11 Juli 2020," ujar Iptu Harun, Senin, 20 Juli 2020

Pencabulan yang dilakukan oleh tersangka saat sang istri dalam kondisi hamil hingga melahirkan dan berada di desa. Hal itu dimanfaatkannya untuk mencabuli N.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 6 halaman

Polisi Mojokerto Bekuk Tiga Pelaku Pencurian Bermodus Pecah Kaca Mobil

Petugas Kepolisian Resor Mojokerto meringkus tiga orang pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil dengan membawa uang korban senilai Rp259 juta di kawasan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pelaku tersebut sudah lima kali melakukan aksi dengan modus sama.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander menuturkan, ketiga orang pelaku pencurian bermodus pecah kaca mobil itu masing-masing berinisial AI warga Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kemudian HS warga Kecamatan Pakal, Kota Surabaya dan dan H warga Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar.

"Ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda-beda sebelum beraksi. Satu pelaku berinisial melakukan pengecekan awal lokasi sasaran yang akan dilakukan pencurian ataupun pembobolan dengan modus pecah kaca. Dua pelaku lagi sebagai eksekutor," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Selasa, 21 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

 

4 dari 6 halaman

Polrestabes Surabaya Bekuk Ratusan Bandit Jalanan

Aparat Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya beserta kepolisian sektor jajaran membekuk ratusan orang bandit atau pelaku kejahatan jalanan selama Operasi Sikat Semeru 2020 yang berlangsung selama dua pekan pada 6-17 Juli 2020.

Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi, Jhony Eddison Isir mengatakan, terdapat sebanyak 494 kasus kriminal yang berhasil diungkap jajarannya dengan menangkap 381 orang bandit yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Terbanyak adalah kasus kejahatan jalanan atau 3C yaitu pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan pencurian kendaraan bermotor," ujar Kapolrestabes kepada wartawan di Surabaya, Selasa, 21 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 6 halaman

VIDEO: Petugas Tangkap Pembobol Toko Elektronik di Surabaya dan Gresik

Beginilah residivis berinisial M (24) warga Surabaya saat membobol toko elektronik di kawasan Siwalankerto, Surabaya, Jawa Timur. Pelaku tampak santai saat melancarkan aksinya, hanya bermodalkan kunci L dan palu.

Pelaku langsung masuk dan mengambil lima unit laptop, empat adaptor laptop, dan 10 headset yang tersimpan di meja display. Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil meringkus Marsam usai membobol sebuah toko di kawasan Banyu Urip, Surabaya.

Modusnya, pelaku berpura-pura menjadi pelanggan di toko elektronik sasarannya dengan dalih ingin memperbaiki laptop. Sehari setelah survei lokasi, pelaku langsung membobol dan menghabiskan isi yang ada di dalam toko elektronik. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 20 Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

6 dari 6 halaman

Kasus Kriminalitas Melibatkan Anak Meningkat di Kota Madiun

Kepolisian Resor Madiun Kota, Jawa Timur melaporkan kasus kriminalitas melibatkan anak-anak yang terjadi di wilayah hukum setempat selama Januari hingga pertengahan 2020 mencapai 14 kasus. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan periode yang sama 2019.

"Tindak pidana yang melibatkan anak berhadapan dengan hukum meningkat dari tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2020," ujar Kepala Satuan Reskrim Polres Madiun Kota AKP Fatah di Madiun, ditulis Jumat, 24 Juli 2020, seperti dikutip dari Antara.

Data Satuan Reskrim Polres Madiun Kota mencatat sudah ada 14 kasus kriminalitas yang melibatkan anak di bawah umur pada Januari hingga awal Juli 2020.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.