Sukses

KAI Daop 8 Surabaya Gandeng RNI Sediakan Layanan Tes Cepat Rp 85 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI  Daop 8 Surabaya bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero),  menyediakan layanan rapid test atau tes cepat COVID-19 seharga Rp 85.000 mulai Rabu, 29 Juli 2020.

Layanan tes cepat itu diadakan di tiga stasiun kelas besar di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi dan stasiun Malang. Ketiga stasiun tersebut merupakan stasiun pemberangkatan awal bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh.

"Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Di mana salah satu persyaratan bagi para penumpang kereta api jarak jauh adalah harus dilengkapi dengan surat bebas Covid. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (28/7/2020).

Inovasi ini adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Kolaborasi antar BUMN ini dalam rangka turut mewujudkan Indonesia yang lebih maju. Layanan tes cepat yang tersedia di 3 stasiun tersebut, dengan jam pelayanan mulai pukul 07:00-19:00 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Peningkatan Pelayanan

Pelanggan yang berhak melakukan tes cepat di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh. Sebelumnya, calon penumpang tersebut mengambil nomor antrean di Costomer Service stasiun.

Suprapto menuturkan, jika hasil tes cepat calon penumpang reaktif, uang tiket KA dikembalikan. "Uang tiket kita kembalikan 100 persen," kata dia.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

"Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap  memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dengan penerapan protocol kesehatan yang ketat, diharapkan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," ujar Suprapto.

Untuk informasi tentang layanan Rapid Test di Stasiun, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, sosial media KAI 121, dan humas@kai.id.