Sukses

UNAIR-ITS Jadwalkan Ulang UTBK bagi Peserta Dinyatakan Reaktif

Ketua Pusat UTBK UNAIR Prof Junaidi Khotib menuturkan, ada sebanyak 303 orang peserta UTBK yang akan mengikuti UTBK ulang pada 30 Juli 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjadwalkan ulang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta gelombang satu dan dua yang hasil rapid test atau tes cepatnya reaktif.

Ketua Pusat UTBK UNAIR Prof Junaidi Khotib menuturkan, ada sebanyak 303 orang peserta UTBK yang akan mengikuti UTBK ulang pada 30 Juli 2020.

"Peserta yang mengikuti UTBK tahap dua, selain limpahan peserta UTBK dari Unesa (Universitas Negeri Surabaya) dan PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) juga termasuk mereka yang melakukan tes cepat dengan hasil reaktif atau tes usap dengan hasil positif pada UTBK tahap satu, maka mereka direlokasi dan dijadwalkan ulang pada tahap dua, yaitu 30 Juli 2020," ujar dia seperti dikutip dari Antara, Selasa (28/7/2020).

Junaidi menuturkan, pada UTBK tahap satu, dari 12.926 orang peserta terdaftar, ada sejumlah 1.102 orang yang tidak membawa surat keterangan tes cepat. Dari jumlah itu, sebanyak 88 peserta dinyatakan reaktif.

"Kemudian, sebanyak 88 peserta yang dinyatakan reaktif tersebut dilakukan relokasi ujian bersama mereka yang mendaftar melalui hotline maupun helpdesk di Pusat UTBK Unair," ujar dia.

Secara keseluruhan peserta UTBK yang melakukan relokasi dari tahap satu dan dijadwalkan ulang berjumlah 298 orang.

Kemudian UTBK tahap dua, Unair antisipasi dengan cara menyiapkan tes cepat lebih awal yaitu pada 16-Juli 2020.

"Rata-rata ada 50 siswa yang mengikuti uji tes cepat per harinya. Dari tes cepat itu, sejumlah 18 siswa tercatat reaktif sehingga mereka masih bisa melakukan penjadwalan ulang ujian," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

118 Peserta Bakal Ikuti UTBK di ITS pada 30 Juli 2020

Penjadwalan ulang UTBK bagi peserta yang sempat reaktif tes cepat juga dilakukan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Direktur Pendidikan ITS, Dr Eng Siti Machmudah menuturkan, ada 118 peserta yng akan mengikuti UTBK pada 30 Juli 2020. Sejumlah peserta UTBK ini juga merupakan peserta yang mengikuti tes cepat di lokasi, yakni di Plasa dr Angka ITS. Untuk para peserta yang reaktif akan dilaporkan ke panitia pusat dan Satuan Tugas COVID-19 Pemerintah Kota Surabaya.

"Persiapan ujiannya sama seperti yang sebelumnya, kami menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Selain itu, sterilisasi secara berkala juga dilakukan pada semua fasilitas yang digunakan peserta mulai dari ruangan hingga perangkat yang digunakan dalam menjalani UTBK setiap harinya.

"Kami lakukan penyemprotan dan sterilisasi pada saat jeda istirahat setelah sesi satu berlangsung," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.