VIDEO: Penjualan Sapi Kurban di Tuban Sepi Pembeli Jelang Idul Adha

VIDEO: Penjualan Sapi Kurban di Tuban Sepi Pembeli Jelang Idul Adha

Meski Idul Adha, atau hari raya kurban tinggal beberapa hari lagi, tetapi hewan kurban di sejumlah tempat penjualan hewan kurban masih banyak karena tak terjual. Di pasar hewan di Tuban, banyak sapi yang sakit dan hendak mengamuk diduga karena kelelahan.

Ratusan pedagang sapi memadati pasar hewan di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Para pedagang yang berasal dari berbagai daerah ini berusaha menawarkan hewan ternak terbaiknya. Namun, banyaknya pedagang tidak sebanding dengan jumlah pembeli.

Dalam tiga pekan terakhir, pembeli justru cenderung sepi, akibatnya harga sapi pun turun. Jika sebelumnya, harga sapi siap kurban dijual dengan harga Rp 21 juta hingga Rp 27 juta per ekor, kini turun di kisaran Rp 20 juta hingga Rp 22 juta per ekor.

Sepinya pembeli membuat sejumlah sapi sakit akibat kelelahan, karena harus naik turun kendaraan untuk dibawa berkeliling dari satu pasar hewan ke pasar lainnya.

"Harga sapi sekarang menurun, sekarang banyak sapi, kebanyakan sapi, harganya untuk sapi minimal ya Rp 23 -- Rp 24 juta itu sudah besar, biasanya kalau sapi besar Rp 28 juta sampai Rp 30 juta," ungkap Kipli, Pedagang Sapi.

Menurut data pasar hewan Tuban, jumlah sapi yang masuk tahun ini menurun drastis. Biasanya menjelang Idul Adha, per hari bisa mencapai 1.800 ekor. Namun kini hanya berkisar 750 hingga 800 ekor.

"Masalah penurunan sapi, harga tetap ada sedikit penurunan, juga dari pedagang dari luar maupun berkurang karena waktunya cukup mendesak, ini juga karena ada Covid, juga dari Magelang, Bandung tidak ada yang datang," ujar Ridwan, Kepala UPTD Pasar Hewan Tuban.

Jika biasanya lonjakan permintaan sapi datang mendekati Hari Raya Idul Adha, tetapi tahun ini tidak ada lonjakan pembelian sama sekali. Penjualan sapi masih di bawah 100 ekor per harinya. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, 28 Juli 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 July 2020, 21:46 WIB

Video Terkait

Spotlights