Sukses

VIDEO: Karantina Sapi Kurban 14 Hari Sebelum Hari Raya Iduladha

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada kesan kumuh, inilah pemandangan yang bisa dilihat di kandang sapi di Komplek Kampus Politeknik Negeri Jember, Jawa Timur.

Kebersihan serta suasananya yang nyaman membuat kandang yang difungsikan sebagai lokasi karantina ini tidak ubahnya hotel bagi sapi-sapi kurban. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 29 Juli 2020.

Puluhan ekor sapi ini memang sengaja dikarantina di tempat yang ideal, sebelum disembelih saat perayaan Idul Adha. Selama menjalani karantina, sapi-sapi ini juga diperlakukan secara khusus.

Selain pakan yang sehat, juga disiapkan dokter hewan yang melakukan pemeriksaan begitu sapi tiba dari pasar hewan. Hewan-hewan kurban memang memerlukan masa karantina sebelum disembelih. Idealnya, masa karantina berlangsung selama 14 hari.

"Sapi atau ternak kurban lainnya itu 14 hari sebelum hari H-nya, jadi ada masa adaptasi, sehingga ternak, harapannya nanti ketika disembelih nantinya bisa lebih tenang," ujar Aan Awaludin, Dokter Hewan.

Selain untuk menjaga kesehatan ternak dari serangan penyakit, tujuannya tentu saja agar sapi bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga tidak berontak saat disembelih.